Satu kegiatan yang dulu sering saya lakukan saat masih single: window shopping alias cuci mata dengan berkeliling toko, pasar, atau mall.
Belanja? Belum tentu.
Tergantung kondisi kantong atau kebutuhan.
Ketika status berubah, kebiasaan ini masih berlanjut. Bedanya kini tak harus pergi keluar rumah karena ada aplikasi marketplace maupun media sosial yang memfasilitasi lapak jual-beli. Tinggal klik-klik masuk keranjang. Tapi jangan tanya kapan dibayarnya.
Ada satu merk baju menyusui yang sering menggoda iman bagi saya. Bahan adem dengan bukaan samping membuat saya jatuh cinta. Dari model manset, kaos, tunik, hingga gamis pun ada. Polos hingga motif yang memanjakan mata. Dulu saya sempat menjadi resellernya saat masih menyusui anak pertama. Tentu sering muncul konflik, "dipakai sendiri atau dijual, ya?"
Setiap ada motif baju yang gue banget, segera capture buat disimpan. Pas ada diskonan laporan ke pak suami pengen dibelikan. Akhirnya saya memilih untuk berhenti karena tak kuat dengan lapar mata. Meskipun sesekali masih tergoda. Untuk kado teman yang habis lahiran misalnya.
Sampailah di masa menyusui anak kedua. Baiklah, mari kita simak produk baru di tiap minggu yang semakin uwu. Tak hanya berbahan kaos, tapi juga katun yang lebih formal. Motifnya semakin beragam begitu pula modelnya. Bayangkan, godaan muncul setiap hari seliweran di beranda!
Sampai usai dua tahun masa menyusui, saya berhasil menahan diri untuk tidak membeli. Saya anggap sebuah prestasi karena berhasil menjawab pertanyaan: butuh atau ingin? Karena memang belum waktunya menambah koleksi. Masih ada beberapa baju menyusui yang masih awet dan layak pakai meskipun sudah sekian tahun ambil cuti diam di lemari. Bahagia bukan, ketika kita bisa merdeka menentukan pilihan?
Lapar mata sebagian besar berisi keinginan. Menggebu di awal, ketika sudah di tangan belum tentu sesuai kebutuhan. Belakangan saya memilih untuk membekukan hingga meng-unisntall aplikasi belanja. Mengurangi godaan produk skincare natural yang mulai menggeser pesona si baju dengan merk warna biru.
Kadang butuh dan ingin pun sulit dibedakan. Sama-sama makanan, tapi beda status saat dilihat dari gengsi yang mengikuti. Sebut saja nasi goreng rumahan Vs menu restoran. Sama-sama pakaian, tapi akan beda cerita ketika tumpukan baju sudah menggunung di lemari.
Namanya manusia, ada juga masanya saya galau. Pernah sekali waktu saya merengek dalam doa, "Ya Allah aku mau itu." Tapi saya memilih untuk menyimpannya dalam wishlist, mengingat ada kebutuhan lain yang lebih penting.
Bisa jadi tak ada tambahan nominal yang bisa dibelokkan untuk pos baru. Tapi Allah pasti penuhi setiap kebutuhan, bukankah jatah rezeki telah ditetapkan? Satu per satu Allah ijinkan saya mencoba skincare yang pernah jadi target incaran. Ternyata keisengan coret-coret dan utak atik aplikasi editing sejuta umat membawa peruntungan.
Cukup satu kata menjadi penutup: "Alhamdulilla," atas segala rezeki yang Allah berikan. Bukankah kalimat ini mengundang datangnya keberkahan?
Bunda Wistara
Malang, Juli 2020
Belanja? Belum tentu.
Tergantung kondisi kantong atau kebutuhan.
Ketika status berubah, kebiasaan ini masih berlanjut. Bedanya kini tak harus pergi keluar rumah karena ada aplikasi marketplace maupun media sosial yang memfasilitasi lapak jual-beli. Tinggal klik-klik masuk keranjang. Tapi jangan tanya kapan dibayarnya.
Ada satu merk baju menyusui yang sering menggoda iman bagi saya. Bahan adem dengan bukaan samping membuat saya jatuh cinta. Dari model manset, kaos, tunik, hingga gamis pun ada. Polos hingga motif yang memanjakan mata. Dulu saya sempat menjadi resellernya saat masih menyusui anak pertama. Tentu sering muncul konflik, "dipakai sendiri atau dijual, ya?"
Setiap ada motif baju yang gue banget, segera capture buat disimpan. Pas ada diskonan laporan ke pak suami pengen dibelikan. Akhirnya saya memilih untuk berhenti karena tak kuat dengan lapar mata. Meskipun sesekali masih tergoda. Untuk kado teman yang habis lahiran misalnya.
Sampailah di masa menyusui anak kedua. Baiklah, mari kita simak produk baru di tiap minggu yang semakin uwu. Tak hanya berbahan kaos, tapi juga katun yang lebih formal. Motifnya semakin beragam begitu pula modelnya. Bayangkan, godaan muncul setiap hari seliweran di beranda!
Sampai usai dua tahun masa menyusui, saya berhasil menahan diri untuk tidak membeli. Saya anggap sebuah prestasi karena berhasil menjawab pertanyaan: butuh atau ingin? Karena memang belum waktunya menambah koleksi. Masih ada beberapa baju menyusui yang masih awet dan layak pakai meskipun sudah sekian tahun ambil cuti diam di lemari. Bahagia bukan, ketika kita bisa merdeka menentukan pilihan?
Lapar mata sebagian besar berisi keinginan. Menggebu di awal, ketika sudah di tangan belum tentu sesuai kebutuhan. Belakangan saya memilih untuk membekukan hingga meng-unisntall aplikasi belanja. Mengurangi godaan produk skincare natural yang mulai menggeser pesona si baju dengan merk warna biru.
Kadang butuh dan ingin pun sulit dibedakan. Sama-sama makanan, tapi beda status saat dilihat dari gengsi yang mengikuti. Sebut saja nasi goreng rumahan Vs menu restoran. Sama-sama pakaian, tapi akan beda cerita ketika tumpukan baju sudah menggunung di lemari.
Namanya manusia, ada juga masanya saya galau. Pernah sekali waktu saya merengek dalam doa, "Ya Allah aku mau itu." Tapi saya memilih untuk menyimpannya dalam wishlist, mengingat ada kebutuhan lain yang lebih penting.
Bisa jadi tak ada tambahan nominal yang bisa dibelokkan untuk pos baru. Tapi Allah pasti penuhi setiap kebutuhan, bukankah jatah rezeki telah ditetapkan? Satu per satu Allah ijinkan saya mencoba skincare yang pernah jadi target incaran. Ternyata keisengan coret-coret dan utak atik aplikasi editing sejuta umat membawa peruntungan.
Cukup satu kata menjadi penutup: "Alhamdulilla," atas segala rezeki yang Allah berikan. Bukankah kalimat ini mengundang datangnya keberkahan?
Bunda Wistara
Malang, Juli 2020
Komentar
Posting Komentar