Langsung ke konten utama

GPA Day 51-60

Tugas Day 52-60

Diawinasis M Sesanti
Mlg, April 2018

Tugas 1.
Silahkan identifikasi diri dari 15 bakat panca indera tersebut mana yg 'gue banget'(jika tidak ada silahkan dikosongkan)
❤ Seni lukis

Tugas2.
Silahkan tmn2 buka BPA halaman 211-216, identifikasi 6bakat dominan diri yg 'gue banget'
❤ Caretaker : Merawat
❤ Communicator : Mengkomunikasikan
❤ Creator : Mencipta
❤ Educator : Mendidik
❤ Journalist : Menulis
❤ Server : Melayani

Tugas 3.
Tingkatkan jam terbang bakat diri dengan membuat 'ruang aktualisasi' dengan objek keluarga atas bakat dominan diri yg telah diindentifikasi pada tugas 1 dan 2.
Contoh: Creator
Ruang aktualisasi yang diciptakan dalam keluarga: dengan menjadi penggagas proyek2 yang dilaksanakan di dalam keluarga
❤ Caretaker : Merawat
-Berkaitan dengan peran domestik sebagai ibu saat ini yaitu mendidik anak. Proses engage-observe-watch-listen-write melatih saya untuk berempati dan memahami ananda.

❤ Communicator : Mengkomunikasikan
-Berkaitan dengan peran domestik, berkomunikasi produktif dengan anak dan suami. Menyampaikan ide-ide dan belajar bersama dalam family forum.
-Menyemai fitrah estetika dan bahasa ananda, menyempurnakan bahasa ibu.

❤ Creator : Mencipta
-Membuat DIY permainan dan sarana belajar ananda
-Membuat ide seru family project tiap bulan.

❤ Educator : Mendidik
-Membersamai ananda setiap hari (peran mendidik anak).

❤ Journalist : Menulis
-Menuliskan jurnal harian dan portofolio ananda.
-Produktif menulis catatan belajar di blog  griyawistara.blogspot.co.id

❤ Server : Melayani
-Berkaitan dengan tugas di ranah domestik, melayani anak dan suami sesuai porsi yang dibutuhkan.

Tugas 4.
❤Kartu Nama Ayah dan Bunda

Tugas 5.
Tak ada teori yang dapat menggantikan -asyiknya merasa langsung- dengan berbagai indra, maka saat ini :
Silahkan buat list minimal 10 tempat dimana anak-anak bisa magang (fieldtrip) dengan lokasi di daerah teman-teman masing-masing😊
Kita coba list (kita buat rancangan saja dulu)
Biarpun ananda masih 5tahun atau bahkan 2 tahun. Tempat2 dimana ia bisa mencoba langsung hal2 yg tdk didapat di sekolah
Contoh:
💕Radio Daerah
💕Toko Kue yang produksi kuenya juga di tempat tsb
Dsb
*Tiap daerah bs berbeda
Silahkan ditulis tempat2 yg bs teman2 jangkau
Nanti catatan tsb bisa disimpan dulu hingga usia ananda mencapai usia fieldftrip

❤ Abang Sayur : Pertanian organik dan pemasarannya
❤ DK Wardhani : Ilustrator dan penulis buku anak
❤ Bonina : Produsen kue homemade
❤ Rumah Sakit : RSSA
❤ Kantor Polisi
❤ Pemadam Kebakaran Kota Malang
❤ Botia Hijab : Produsen jilbab dan gamis
❤ Perpustakaan Kota Malang
❤ Museum Brawijaya
❤ Radio RRI Malang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Pulang ke Udik: Menggelar Kenangan, Membayar Hutang Kerinduan

Sebagai warga perantau, bagi Griya Wistara acara mudik bukan lagi hal baru. Entah pulang ke rumah orangtua di luar kota dalam propinsi maupun mertua yang lebih jauh, antar kota antar propinsi. Bukan hal mudah dalam mempersiapkan mudik, sebutlah H-3 bulan kami harus berburu tiket kereta agar tak kehabisan sesuai tanggal yang direncanakan. Pernah suatu waktu kami harus pasang alarm tengah malam, karena hari sebelumnya sudah kehabisan tiket kereta yang diharapkan. Padahal baru jam 00.15 WIB, artinya 15 menit dari pembukaan pemesanan. Belum lagi persiapan deretan kebutuhan selama sekian hari di kampung halaman. Mana barang pribadi, mana milik pasangan, dan persiapan perang ananda tak ketinggalan. Jangan tanya rancangan budget lagi, saat pengeluaran mendominasi catatan keuangan. Membawa sepaket koper alat perang, melipat jarak agar semakin dekat. Perjalanan selalu menyisakan hikmah. Bukan perkara mudah mengelola sekian jam di atas kereta bersama balita. Alhamdulillah, beberapa kali mele

Jurnal Belajar Level 7 : Semua Anak Adalah Bintang

Usia 0-6 tahun : selesai dengan diri sendiri. Salah satu tantangan yang paling identik dengan tema level 7 ini, adalah saat orangtua mulai galau dan membanding-bandingkan anaknya dengan anak orang lain. Atau yang paling dekat dengan saudara kandungnya sendiri. Seolah-olah anak harus mengikuti sebuah pertandingan yang belum tentu setara dengan dirinya. " Coba lihat, mas itu sudah bisa jalan. Kamu kok belum?" "Berani nggak maju ke depan seperti mbak ini? " Setiap anak memiliki sisi unik yang menjadikannya bintang. Allah tak pernah salah dalam membuat makhluk, maka melihat sisi cahaya dari setiap anak adalah keniscayaan bagi setiap orangtua. Berusaha dalam meninggikan gunung, bukan meninggikan lembah. Mengasah sisi yang memang tajam pada diri anak butuh kepekaan bagi orangtua. Dalam buku CPWU, dapat diambil teknik E-O-WL-W untuk menemukan kelebihan setiap anak. 1. Engage Atau membersamai anak dalam proses pengasuhan dan pendidikan dengan sepenuh hati (yang