Langsung ke konten utama

Jurnal Belajar Level #2 Menjadi Mandiri: Berproses dari Waktu ke Waktu

Jurnal Belajar Level #2

Diawinasis M Sesanti
Tgk, 29 Desember 2017

Melatih kemandirian anak adalah proses panjang yang terus berkelanjutan. Di setiap tahapan usia, terdapat tugas-tugas yang perlu dilatihkan terkait kemandirian. Semua tidak muncul tiba-tiba, perlu proses yang tidak selalu mudah bagi anak dan tentu saja orangtua.

Membuka kembali catatan jurnal kemandirian ananda pada tantangan level 2. Saat itu ananda masih berusia 2 tahun 7 bulan (Februari 2017). Terdapat catatan tentang toilet training yang masih takut naik WC sendiri saat BAB, memakai baju masih dengan bantuan, makan masih sambil main, dsb. Terlihat jauh sekali berbeda jika dibandingkan dengan saat ini (3tahun 5 bulan). Ananda sudah bisa ke toilet sendiri, baik BAB maupun BAK meskipun masih perlu bantuan untuk bersuci dengan benar. Bahkan kami sudah tak lagi khawatir dengan perjalanan jauh, karena ananda dapat beradaptasi dan mengkomunikasikan apa yang dirasakan. Sudah mampu memilih dan memakai baju sendiri, mulai bisa makan sendiri, dst. Membandingkan anak dari waktu ke waktu rasanya lebih adil, bukan membandingkan dengan anak lain.

Bagi saya pribadi, tantangan ini memang benar-benar butuh komitmen dan konsistensi. Orangtua perlu menata hati untuk siap bertumbuh bersama anak. Anak-anak di awal latihan kemandirian, umumnya butuh pendampingan serta dukungan dari orangtua. Menghargai dan memberikan pujian spesifik, meski sekecil apapun keberhasilan ananda. Dan yang terpenting, orangtualah yang lebih dulu belajar mandiri sebagai teladan bagi ananda. Tentu saja ini pun menjadi PR panjang yang tak permah usai.

Hasilnya memang tak bisa serta-merta dapat dinikmati, namun suatu saat pasti kita bersyukur anak-anak telah melewati tahapan ini. Menjadi bekal mereka kelak dewasa, pribadi mandiri dan percaya diri.

Karena kita, orangtua tak hidup selamanya maka melatih kemandirian ananda adalah satu-satunya pilihan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Pulang ke Udik: Menggelar Kenangan, Membayar Hutang Kerinduan

Sebagai warga perantau, bagi Griya Wistara acara mudik bukan lagi hal baru. Entah pulang ke rumah orangtua di luar kota dalam propinsi maupun mertua yang lebih jauh, antar kota antar propinsi. Bukan hal mudah dalam mempersiapkan mudik, sebutlah H-3 bulan kami harus berburu tiket kereta agar tak kehabisan sesuai tanggal yang direncanakan. Pernah suatu waktu kami harus pasang alarm tengah malam, karena hari sebelumnya sudah kehabisan tiket kereta yang diharapkan. Padahal baru jam 00.15 WIB, artinya 15 menit dari pembukaan pemesanan. Belum lagi persiapan deretan kebutuhan selama sekian hari di kampung halaman. Mana barang pribadi, mana milik pasangan, dan persiapan perang ananda tak ketinggalan. Jangan tanya rancangan budget lagi, saat pengeluaran mendominasi catatan keuangan. Membawa sepaket koper alat perang, melipat jarak agar semakin dekat. Perjalanan selalu menyisakan hikmah. Bukan perkara mudah mengelola sekian jam di atas kereta bersama balita. Alhamdulillah, beberapa kali mele

Jurnal Belajar Level 7 : Semua Anak Adalah Bintang

Usia 0-6 tahun : selesai dengan diri sendiri. Salah satu tantangan yang paling identik dengan tema level 7 ini, adalah saat orangtua mulai galau dan membanding-bandingkan anaknya dengan anak orang lain. Atau yang paling dekat dengan saudara kandungnya sendiri. Seolah-olah anak harus mengikuti sebuah pertandingan yang belum tentu setara dengan dirinya. " Coba lihat, mas itu sudah bisa jalan. Kamu kok belum?" "Berani nggak maju ke depan seperti mbak ini? " Setiap anak memiliki sisi unik yang menjadikannya bintang. Allah tak pernah salah dalam membuat makhluk, maka melihat sisi cahaya dari setiap anak adalah keniscayaan bagi setiap orangtua. Berusaha dalam meninggikan gunung, bukan meninggikan lembah. Mengasah sisi yang memang tajam pada diri anak butuh kepekaan bagi orangtua. Dalam buku CPWU, dapat diambil teknik E-O-WL-W untuk menemukan kelebihan setiap anak. 1. Engage Atau membersamai anak dalam proses pengasuhan dan pendidikan dengan sepenuh hati (yang