Langsung ke konten utama

Jurnal Belajar Level #2 Menjadi Mandiri: Berproses dari Waktu ke Waktu

Jurnal Belajar Level #2

Diawinasis M Sesanti
Tgk, 29 Desember 2017

Melatih kemandirian anak adalah proses panjang yang terus berkelanjutan. Di setiap tahapan usia, terdapat tugas-tugas yang perlu dilatihkan terkait kemandirian. Semua tidak muncul tiba-tiba, perlu proses yang tidak selalu mudah bagi anak dan tentu saja orangtua.

Membuka kembali catatan jurnal kemandirian ananda pada tantangan level 2. Saat itu ananda masih berusia 2 tahun 7 bulan (Februari 2017). Terdapat catatan tentang toilet training yang masih takut naik WC sendiri saat BAB, memakai baju masih dengan bantuan, makan masih sambil main, dsb. Terlihat jauh sekali berbeda jika dibandingkan dengan saat ini (3tahun 5 bulan). Ananda sudah bisa ke toilet sendiri, baik BAB maupun BAK meskipun masih perlu bantuan untuk bersuci dengan benar. Bahkan kami sudah tak lagi khawatir dengan perjalanan jauh, karena ananda dapat beradaptasi dan mengkomunikasikan apa yang dirasakan. Sudah mampu memilih dan memakai baju sendiri, mulai bisa makan sendiri, dst. Membandingkan anak dari waktu ke waktu rasanya lebih adil, bukan membandingkan dengan anak lain.

Bagi saya pribadi, tantangan ini memang benar-benar butuh komitmen dan konsistensi. Orangtua perlu menata hati untuk siap bertumbuh bersama anak. Anak-anak di awal latihan kemandirian, umumnya butuh pendampingan serta dukungan dari orangtua. Menghargai dan memberikan pujian spesifik, meski sekecil apapun keberhasilan ananda. Dan yang terpenting, orangtualah yang lebih dulu belajar mandiri sebagai teladan bagi ananda. Tentu saja ini pun menjadi PR panjang yang tak permah usai.

Hasilnya memang tak bisa serta-merta dapat dinikmati, namun suatu saat pasti kita bersyukur anak-anak telah melewati tahapan ini. Menjadi bekal mereka kelak dewasa, pribadi mandiri dan percaya diri.

Karena kita, orangtua tak hidup selamanya maka melatih kemandirian ananda adalah satu-satunya pilihan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapata...

Setiap Kita Istimewa

"Setiap kita diciptakan istimewa, unik, dan satu-satunya. Tidak ada produk gagal dari setiap ciptaan Allah SWT." Demikian kalimat yang sering didengungkan, namun bukan perkara mudah meyakininya hingga mewujudkannya dalam kehidupan nyata. Karena di luar sana banyak kalimat yang tak kalah sakti memupus harap hingga kita tak yakin lagi bahwa kita istimewa. "Mengapa kamu tak bisa juara kelas seperti mbak X?" "Mas A sudah diterima PTN favorit, kamu gimana?" "Si Y bisa beli rumah, mobil, tanah, dan investasi lain lho.. Nggak kaya kamu." Dibandingkan. Satu hal yang paling sering membekas dan menjadi inner child yang belum selesai bahkan setelah status berubah menjadi orangtua. Guratan kecil yang tanpa sadar dapat memudarkan pendar cahaya dari sisi unik setiap diri manusia. Tak ada yang salah dengan perbandingan. Bukankah mengukur itu memakai perbandingan besaran dan satuan? Hanya saja perlu memastikan, saat mengukur besaran panjang satuannya pun ...

Jurnal Belajar Level #1 Mantra Bahagia Keluarga: "Ngobrol Bareng"

Jurnal Belajar LevelL#1 Mengikat Rasa, Mengikat Makna Diawinasis M Sesanti Mlg, 28 November 2017 Sebelum belajar tentang komprod, sering sekali dulu membombardir pasangan dengan semua isi kepala tanpa ada filter. Tak jarang, semua itu disampaikan dari balik tembok artinya kaidah-kaidah komprod dengan orang dewasa belum diterapkan karena belum dipelajari. Maka membawa sepotong demi sepotong teori komprod ke dalam kehidupan sehari-hari memberi banyak hikmah bagi kami. Meskipun level 1 telah lama dilewati, namun tantangan selalu hadir untuk dapat menyampaikan pesan dengan lebih produktif kepada siapa saja lawan bicara kita. Belajar komunikasi produktif adalah latihan yang tak ada habisnya. * Family forum Griya Wistara * Pada level 1, tantangannya adalah "ngobrol bareng" tapi bukan sembarang bicara. Membuat kesepakatan adanya family forum dalam sebuah keluarga. Awalnya canggung memang, namun dari hal remeh temeh maupun hal penting yang dibicarakan ternyata mem...