Langsung ke konten utama

TANTANGAN 4.13 WATCH-LISTEN-ENGAGE

TANTANGAN 4.13

Diawinasis M. S. 
Malang, 04 Mei 2017

Dalam hal belajar, saya lebih suka membebaskan ananda memilih apa yang diinginkannya. Oleh karena itu, banyak hal tak terduga yang muncul dan ternyata lebih bermakna bagi ananda. Saya dulu menetapkan jadwal dan aktivitas yang harus dilakukan, namun semakin ke sini terlihat ananda menemukan lebih banyak saat melakukan sendiri (saya hanya mendampingi).

Hal remeh yang menurut orang dewasa cuma main, bagi anak-anak adalah penemuan luar biasa. Misalnya kemarin, saat biasaya minta dibacakan buku, tapi kali ini buku disulap menjadi "tenda" (buku setengah terbuka dibalik sehingga berbentuk segitiga seperti tenda). Kemudian berubah menjadi "rumah", yaitu buku yang dibuka dijajarkan dengang boardbook lain dan ananda berusaha masuk seperti masuk rumah. Tak hanya itu, ananda juga membuat "tempat buku" dari boardbook itu sendiri. Dari aktivitas ini, saya menemukan proses belajar itu sendiri: intellectual curiousity (tentang buku, secara fisik) yang membuat ananda mengekspresikan creative imagination-nya (pengetahuan ttg berkemah, tenda, rumah, tempat buku) lewat art of discovery&invention (membuat replika benda yang pernah dilihatnya dari boardbook).

Ada lagi proses belajar yang dilakukan, saat ananda membongkar mainan yang lama disimpan dalam box mainan. Ada bandana waktu bayi, ada gantungan kunci, rafia, dll. Langsung meminta 1 lidi dari penebah kasur (agak sulit mengambil sendiri karena ujungnya masuk ke pegangan plastik). Digabung dengan gantungan kunci berbentuk sandal, jadi lah mainan baru "memancing ikan".

Sekali lagi, betapa imajinasi anak-anak begitu hebat saat kita membiarkan mereka belajar banyak dari sekitarnya. Masih banyak yang lain, kita hanya perlu untuk watch-listen-engage dengan anak-anak kita.

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapata...

Setiap Kita Istimewa

"Setiap kita diciptakan istimewa, unik, dan satu-satunya. Tidak ada produk gagal dari setiap ciptaan Allah SWT." Demikian kalimat yang sering didengungkan, namun bukan perkara mudah meyakininya hingga mewujudkannya dalam kehidupan nyata. Karena di luar sana banyak kalimat yang tak kalah sakti memupus harap hingga kita tak yakin lagi bahwa kita istimewa. "Mengapa kamu tak bisa juara kelas seperti mbak X?" "Mas A sudah diterima PTN favorit, kamu gimana?" "Si Y bisa beli rumah, mobil, tanah, dan investasi lain lho.. Nggak kaya kamu." Dibandingkan. Satu hal yang paling sering membekas dan menjadi inner child yang belum selesai bahkan setelah status berubah menjadi orangtua. Guratan kecil yang tanpa sadar dapat memudarkan pendar cahaya dari sisi unik setiap diri manusia. Tak ada yang salah dengan perbandingan. Bukankah mengukur itu memakai perbandingan besaran dan satuan? Hanya saja perlu memastikan, saat mengukur besaran panjang satuannya pun ...

Jurnal Belajar Level #1 Mantra Bahagia Keluarga: "Ngobrol Bareng"

Jurnal Belajar LevelL#1 Mengikat Rasa, Mengikat Makna Diawinasis M Sesanti Mlg, 28 November 2017 Sebelum belajar tentang komprod, sering sekali dulu membombardir pasangan dengan semua isi kepala tanpa ada filter. Tak jarang, semua itu disampaikan dari balik tembok artinya kaidah-kaidah komprod dengan orang dewasa belum diterapkan karena belum dipelajari. Maka membawa sepotong demi sepotong teori komprod ke dalam kehidupan sehari-hari memberi banyak hikmah bagi kami. Meskipun level 1 telah lama dilewati, namun tantangan selalu hadir untuk dapat menyampaikan pesan dengan lebih produktif kepada siapa saja lawan bicara kita. Belajar komunikasi produktif adalah latihan yang tak ada habisnya. * Family forum Griya Wistara * Pada level 1, tantangannya adalah "ngobrol bareng" tapi bukan sembarang bicara. Membuat kesepakatan adanya family forum dalam sebuah keluarga. Awalnya canggung memang, namun dari hal remeh temeh maupun hal penting yang dibicarakan ternyata mem...