Langsung ke konten utama

Jurnal #5 IDENTIFIKASI AKSI MENJADI SOLUSI

 Bismillahirrahmanirrahim, 

Sampai di materi ke-5 perkuliahan Bunda Salihah, Identifikasi Aksi Menjadi Solusi. Tahap yang cukup menantang, karena kami diminta untuk membuat breakdown dari tujuan yang sebelumnya telah dibuat oleh tim menjadi Langkah-langkah yang lebih spesifik sesuai milestone, kemudian dipecah lagi menjadi highlight hingga key-updatesnya. 


Pada hari Kamis kami sepakati untuk melakukan 2 sesi diskusi. Pertama lewat WAG di hari Jumat, alhamdulillah sebagian besar hadir. Adapun mbak Wita yang berhalangan, menanggapi saat sudah online. Sesi diskusi kedua di hari Sabtu lewat google meeting. Dihadiri oleh 4 member (Mbak Tika, Mbak Fiqoh, Mbak Resti, dan saya), kami melanjutkan sesi pertama kemarin. Selain sesi diskusi, kami juga sudah memulai perjalanan di milestone #1 yaitu belajar membuat clip art dan pattern menggunakan Medibang paint. 

Berikut adalah hasil diskusi kami:


HIGHLIGHT & KEY UPDATES







Tujuan Milestone #1: Belajar Medibang Paint

*Member bisa mengenal tools medibang lewat video dan belajar bareng. 

*Member bisa belajar praktik langsung dengan mengerjakan challenge yang diberikan. 


Indikator keberhasilan

*Tiap member membuat minimal 1 karya/challenge

*Posting dokumentasi proses belajar di media sosial/web Rinjing Destock.


Highlight per materi : 

 ✅11 - 24 Sept 2021 (Done) 

Judul: Pengenalan Tools Medibang Paint

Deskripsi:

- Materi di gmeet

- Sekilas ttg medibang

- Karya member dari challenge

✅ 25 Sept - 08 Okt 2021

Judul: Membuat pattern

Deskripsi:

- Materi di gmeet

- Tutorial/timelaps pembuatan pattern

- Karya member dari challenge

✅ 09- 22 Okt 2021

Judul: Membuat karakter sederhana

Deskripsi:

- Materi di gmeet

- Sekilas ttg karakter

- Karya member dari challenge

✅ 23- 31 Okt 2021

Judul: Review Karya

Deskripsi:

- Karya member dari challenge

- Live IG



Tujuan milestone #2: Belajar Dasar-Dasar Desain

*Member bisa mengenal dasar desain grafis dan penerapannya dalam logo serta flyer

*Member bisa belajar praktik langsung dengan mengerjakan challenge yang diberikan 

Indikator keberhasilan:

*Setiap member membuat minimal 1 karya/challenge

*Posting dokumentasi proses belajar di media sosial/web Rinjing Destock.


Highlight per materi : 

✅6- 19 November 2021 (Done) 

Judul: Elemen/Unsur dalam Desain Grafis

Deskripsi:

- Materi di gmeet

- Penjelasan tiap elemen

- Karya member dari challenge

✅ 20 Nov - 03 Des 2021

Judul: Prinsip Dasar Desain Grafis

Deskripsi:

- Materi di gmeet

- Penjelasan dari setiap prinsip

- Karya member dari challenge

✅ 04-17 Des 2021

Judul: Membuat Logo

Deskripsi:

- Materi di gmeet

- Sekilas tentang logo yang baik

- Karya member dari challenge

✅ 18-31 Desember 2021

Judul: Membuat E-flyer

Deskripsi:

- Materi di gmeet

- Tips membuat e-flyer

- Karya member dari challenge

- Live IG


Tujuan milestone #3: Belajar Editing Video dengan Canva

*Member bisa mengenal langkah dalam mengedit video memakai canva

*Member bisa belajar praktik langsung dengan mengerjakan challenge yang diberikan 

Indikator keberhasilan:

*Setiap member membuat minimal 1 karya/challenge

*Posting dokumentasi proses belajar di media sosial/web Rinjing Destock.


(Materi masih dalam proses konfirmasi dengan mentor) 


🔑Key Updates: 

Dilakukan per 2 hari sekali. Dilakukan piket member untuk membuat konten di media sosial @rinjingdestock.


TIMELINE


Milestone Pertama


Milestone kedua



SOCIAL MEDIA

Media sosial yang saat ini sudah dimiliki tim Rinjing Destock:

- Instagram: [@rinjingdestock]

- Facebook Page: Rinjing Destock

- Website: https://sites.google.com/view/rinjingdestock/home



FUNDRAISING

Pada tahap ini (6 bulan) kami fokus pada program internal tim terlebih dadulu, di mana saat ini kami belum membutuhkan dana. Kemungkinan setelah intern tim solid, kami cari penerima manfaat (belajar desain) dari luar tim, baru kami akan masuk ke tahap fundraising. Dimana kami membutuhkan untuk:

- Pemateri/Mentor

- Platform meeting: Zoom pro, streamyard, dst

- Pengembangan tim

Karena pengetahuan kami masih terbatas, Insya Allah kami ingin mengikuti pelatihan dari Kelas Bunsal. 



CAMPAIGN

Tujuan: untuk memperkenalkan program tim Rinjing Destock

Jenis: Visual, audiovisual, live IG (HL ke-4 di milestone #1) 

Platform: IG, FP, dan Web


UPDATES

SWOT ANALYSIS TIM

Strenght

- Program tim yang sudah tersusun

- Tim yang solid

- Sudah punya mentor Milestone #1

- Memiliki media sosial Tim Instagram) 

Weakness

- Manajemen waktu para member khususnya yang memiliki kesibukan lain di luar tim

- Pengetahuan desain masih terbatas 

- Mentor yang terbatas

- Belum punya website dan FP

Opportunities

- Belajar dan melatih skill desain

- Peluang bisnis dari portofolio

- Sharing ilmu desain yg kita pelajari lewat  medsos

- Mengikuti pelatihan dari kelas Bunsal seputar web dan media sosial 

Threats

- Kesibukan member di luar tim yang bisa mengganggu jalannya program

- Ritme tiap member masih belum sama

Ancaman oleh kelemahan 

- Kebosanan anggota tim





#IdentifikasiAksi

#ibupembaharu

#bundasalihah

#darirumahuntukdunia

#hexagoncity

#institutibuprofesional

#semestaberkaryauntukindonesia

#ibuprofesionaluntukindonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Pulang ke Udik: Menggelar Kenangan, Membayar Hutang Kerinduan

Sebagai warga perantau, bagi Griya Wistara acara mudik bukan lagi hal baru. Entah pulang ke rumah orangtua di luar kota dalam propinsi maupun mertua yang lebih jauh, antar kota antar propinsi. Bukan hal mudah dalam mempersiapkan mudik, sebutlah H-3 bulan kami harus berburu tiket kereta agar tak kehabisan sesuai tanggal yang direncanakan. Pernah suatu waktu kami harus pasang alarm tengah malam, karena hari sebelumnya sudah kehabisan tiket kereta yang diharapkan. Padahal baru jam 00.15 WIB, artinya 15 menit dari pembukaan pemesanan. Belum lagi persiapan deretan kebutuhan selama sekian hari di kampung halaman. Mana barang pribadi, mana milik pasangan, dan persiapan perang ananda tak ketinggalan. Jangan tanya rancangan budget lagi, saat pengeluaran mendominasi catatan keuangan. Membawa sepaket koper alat perang, melipat jarak agar semakin dekat. Perjalanan selalu menyisakan hikmah. Bukan perkara mudah mengelola sekian jam di atas kereta bersama balita. Alhamdulillah, beberapa kali mele

Jurnal Belajar Level 7 : Semua Anak Adalah Bintang

Usia 0-6 tahun : selesai dengan diri sendiri. Salah satu tantangan yang paling identik dengan tema level 7 ini, adalah saat orangtua mulai galau dan membanding-bandingkan anaknya dengan anak orang lain. Atau yang paling dekat dengan saudara kandungnya sendiri. Seolah-olah anak harus mengikuti sebuah pertandingan yang belum tentu setara dengan dirinya. " Coba lihat, mas itu sudah bisa jalan. Kamu kok belum?" "Berani nggak maju ke depan seperti mbak ini? " Setiap anak memiliki sisi unik yang menjadikannya bintang. Allah tak pernah salah dalam membuat makhluk, maka melihat sisi cahaya dari setiap anak adalah keniscayaan bagi setiap orangtua. Berusaha dalam meninggikan gunung, bukan meninggikan lembah. Mengasah sisi yang memang tajam pada diri anak butuh kepekaan bagi orangtua. Dalam buku CPWU, dapat diambil teknik E-O-WL-W untuk menemukan kelebihan setiap anak. 1. Engage Atau membersamai anak dalam proses pengasuhan dan pendidikan dengan sepenuh hati (yang