Langsung ke konten utama

TANTANGAN 3.14

Diawinasis M. S
05 April 2017
TANTANGAN 10 HARI 3.14

Masih dalam rangka "Persiapan Ramadhan", aduhai banyak tantangannya rupanya. Satu dua mulai terlaksana, eh "one day one hadits" baru belajar 1 hadits udah bolong aja hari ini. But its oke, pak kapten sibuk rupanya pagi ini. Jadi bunda bikin something yang bikin belajarnya tetap berjejak.. Apalagi kalau bukan doodling. Jadi kepikiran bikin coloring book kumpulan doodling dari "one day one hadits" ini.  #yeayy nambahin ide project, padahal baru bikin 1 lembar.

Jadi kami belajar bareng "hadits arba'in", kami baru mulai dari hadits pertama. Ayah yang udah pernah belajar, ngajarin bunda, terus Farza?? Dia yang bagian nyimak, kadang nyahut dengan nyanyian atau pertanyaan jika ada kosakata baru. Apakah anteng diem? Big NO,  anak 2tahun 8bulan ini bakalan muter sesukanya,  kadang sambil tendang bola,  bisa juga gegoleran di pangkuan ayah.  #fitrahkeimanan #SQ #fitrahbelajar #IQ #fitrahfisikdanindera. Sudah pasti latihan komunikasi produktif masih perlu ditambah jam terbangnya. Kadang anak-anak sudah bilang baik-baik, kitanya yang masih sibuk nyuci piring. "Bun,  mau makan kue", lanjut aja ngelus2 piring. Lalu baru iyain setelah anaknya naik nadanya. Wah, catatan  baru nih.. Langsung tanggapi saat anak sudah bener komprod-nya.

Tak ada yang sempurna, tapi selalu berusaha memperbaiki diri.
#TantanganHari14
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Oncek Tela; Tradisi Mengupas Singkong Bersama

 Sekitar tahun 2000-an, ada kegiatan membuka lahan baru di bukit seberang. Deru mesin pemotong kayu bersahutan. Pohon-pohon besar dicabut hingga ke akarnya. Entah kemana perginya hewan-hewan penghuni hutan. Berpindah tempat tinggal atau justru tersaji ke meja makan.  Aroma dedaunan serta kayu basah menyebar. Tak hanya lewat buku pelajaran IPA, aku bisa melihat langsung lingkaran tahun belasan hingga puluhan lapis. Pohon-pohon itu akhirnya menyerah dengan tangan manusia. Tunggu dulu... Mengapa orang-orang justru bersuka cita? Bukankah menggunduli hutan bisa berisiko untuk tanah di perbukitan seperti ini? Waktu berselang, pertama kalinya aku menapak ke bukit seberang. Setelah menyeberang dua tiga sungai, dilanjutkan jalan menanjak hingga ke atas. Terhampar tanah cokelat yang siap menumbuhkan tanaman baru. Aku melihat terasering di bukit seberang, rumahku tersembunyi di balik rimbun pohon kelapa. Di kiri kanan terhimpun potongan pohon singkong yang siap ditancapkan. Jenis singkon...

Jejak Bahagia RD 2023

 Bismillahirrahmanirrahim...  Sepertinya sudah terlalu lama saya tidak menulis di blog ini. Tiba-tiba 2023 sudah sampai di penghujung Desember, jadi kita akan langsung membuat selebrasi atas perjalanan setahun ini bersama Rinjing Destock.  Video Pecha Kucha & Ebook Story Of Success RD 2023 Video Portofolio RD 2023 di YouTube Rinjing Destock Garis besarnya sudah saya rangkum di Video Pecha Kucha: Portofolio RD 2023 yang bisa kalian simak di sini .  Selain video, kami juga membuat rangkuman perjalanan dalam bentuk e-book. Dari susunan tata letak /layout ebook ini saya belajar banyak menerapkan prinsip-prinsip desain. Bagaimana agar warnanya kontras, bagaimana agar informasi penting dapat diberi penekanan, bagaimana menerapkan keseimbangan, dst. Belum sempurna memang, tetapi sedikit banyak saya merasa ada progress dibandingkan dengan ebook sebelumnya yang pernah saya susun.  Saat menyusun ini, rasanya campuran antara bahagia, lega, bangga, lelah, heran juga RD ...

Jejak Ki Hadjar Dewantara di Hardiknas 2024

 Siapa nama pahlawan nasional yang hari lahirnya dijadikan Hari Pendidikan Nasional? Pasti kalian sudah hafal di luar kepala. Beliau yang lahir dengan nama Raden Mas Soewardi Suryaningrat hingga akhirnya berganti nama menjadi Ki Hadjar Dewantara di usia 40 tahun. Anak ke-5 dari 9 bersaudara yang memiliki keteguhan dalam memperjuangkan idealisme sepanjang hidupnya.  Kisah beliau seolah tak asing, seperti menonton perjalanan seorang changemaker yang bermula dari tumbuh suburnya empati. Meskipun lahir dari keluarga ningrat, Soewardi menangkap diskriminasi tentang hak pendidikan yang hanya dinikmati oleh keluarga priyayi dan Belanda. Sementara rakyat pribumi yang merupakan teman-teman bermainnya di masa kecil tak bisa mengakses fasilitas sekolah yang dibuat Belanda di zaman itu. Soewardi muda belajar di Yogyakarta, hingga berlanjut di STOVIA meskipun tidak sampai lulus. Tentu saja ini berkaitan dengan perjuangannya sebagai "seksi media" di Budi Utomo, menyebarkan tulisan yang ber...