Langsung ke konten utama

Aliran Rasa 11

Diawinasis M Sesanti
Mlg, 24 Januari 2018

Bismillahirrahmanirrahiim.
Pengalaman belajar di level ini memberi warna baru dalam membersamai ananda, khususnya dalam membangkitkan fitrah seksualitas anak. Tak hanya materi belajar yang baru, pengalaman belajar kami pun tak kalah seru karena kami dapat belajar lewat sharing dan diskusi semua penghuni kelas Bunda Sayang#1 MRJatseLa. Yap, ada sistem kelompok, presentasi, dan diskusi di setiap harinya. Tak hanya bertutur tentang teori, pendapat para ahli, namun juga saling berbagi pnegalaman dalam membangkitkan fitrah seksualitas. Berasa seperti benar-benar kembali ke bangku kuliah, bedanya kuliah yang ini baru lulus ketika sampai titel Almh.

Melewati diskusi dari hari ke hari, kami semakin mengenal apa fitrah seksualitas. Kapan, dimana, siapa yang bertanggungjawab, bagaimana membangkitkan fitrah seksualitas anak, tahapan, framework dan hubungannya dengan fitrah lain. Bukan sekedar sex education, tapi di sini ditekankan tujuan dari mendidik: generasi akil baligh. Artinya semua fitrah-fitrah anak sebagai individu harus tumbuh sempurna, tak boleh ada yang timpang pada:
- fitrah keimanan
- fitrah belajar
- fitrah bakat
- fitrah perkembangan
- fitrah estetika & bahasa
- fitrah individual & sosial
- fitrah fisik&indera
- fitrah seksualitas & cinta
Sepertinya remeh, tapi saat disajikan seperti ini menjadi pengingat bahwa PR sebagai orangtua memang cukup "W. O. W" paling tidak selama 15 tahun pertama kehidupan anak-anak kita.

Di luar sana, dunia tidak steril. Berbagai isu tentang gender dan seputar seksualitas mengalir deras baik lewat lingkungan pergaulan, sekolah, hingga media yang membuat dunia tanpa batas menebar value yang belum tentu sesuai dengan value keluarga kita. Maka sekali lagi peran orangtua sangat penting dalam memberikan pondasi sebelum kita berubah status menjadi "tetangga" anak-anak kita kelak.

#Level11
#KuliahBunsayIIP
#MembangkitkanFitrahSeksualitasAnak
#AliranRasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Pulang ke Udik: Menggelar Kenangan, Membayar Hutang Kerinduan

Sebagai warga perantau, bagi Griya Wistara acara mudik bukan lagi hal baru. Entah pulang ke rumah orangtua di luar kota dalam propinsi maupun mertua yang lebih jauh, antar kota antar propinsi. Bukan hal mudah dalam mempersiapkan mudik, sebutlah H-3 bulan kami harus berburu tiket kereta agar tak kehabisan sesuai tanggal yang direncanakan. Pernah suatu waktu kami harus pasang alarm tengah malam, karena hari sebelumnya sudah kehabisan tiket kereta yang diharapkan. Padahal baru jam 00.15 WIB, artinya 15 menit dari pembukaan pemesanan. Belum lagi persiapan deretan kebutuhan selama sekian hari di kampung halaman. Mana barang pribadi, mana milik pasangan, dan persiapan perang ananda tak ketinggalan. Jangan tanya rancangan budget lagi, saat pengeluaran mendominasi catatan keuangan. Membawa sepaket koper alat perang, melipat jarak agar semakin dekat. Perjalanan selalu menyisakan hikmah. Bukan perkara mudah mengelola sekian jam di atas kereta bersama balita. Alhamdulillah, beberapa kali mele

Jurnal Belajar Level 7 : Semua Anak Adalah Bintang

Usia 0-6 tahun : selesai dengan diri sendiri. Salah satu tantangan yang paling identik dengan tema level 7 ini, adalah saat orangtua mulai galau dan membanding-bandingkan anaknya dengan anak orang lain. Atau yang paling dekat dengan saudara kandungnya sendiri. Seolah-olah anak harus mengikuti sebuah pertandingan yang belum tentu setara dengan dirinya. " Coba lihat, mas itu sudah bisa jalan. Kamu kok belum?" "Berani nggak maju ke depan seperti mbak ini? " Setiap anak memiliki sisi unik yang menjadikannya bintang. Allah tak pernah salah dalam membuat makhluk, maka melihat sisi cahaya dari setiap anak adalah keniscayaan bagi setiap orangtua. Berusaha dalam meninggikan gunung, bukan meninggikan lembah. Mengasah sisi yang memang tajam pada diri anak butuh kepekaan bagi orangtua. Dalam buku CPWU, dapat diambil teknik E-O-WL-W untuk menemukan kelebihan setiap anak. 1. Engage Atau membersamai anak dalam proses pengasuhan dan pendidikan dengan sepenuh hati (yang