Langsung ke konten utama

OBSERVE #RBI5

#DiawinasisMawiSesanti #Post5 #RuangBerkaryaIbu #IIPMALANGRAYAJATSELA

OBSERVE

Trenggalek, 08 Juni 2017
D. M. Sesanti &  Farzana (2y10m)

Alhamdulillah masih diberikan kesempatan membersamai ananda di 3 hari ini. Ada begitu banyak tingkah polah yang dilakukannya, dan saya pun menyadari bahwa ananda semakin bertumbuh.

Kini tak hanya mendengar, ananda pun mulai banyak mengungkapkan apa yang dipikirkan ya lewat verbal. Belajar pun tak terbatas bagi kami. Misalnya saat pagi hari, sinar matahari hangat menerobos jendela kamar tempat kami bermain. Ananda mengamati bayangan mainan mobil-mobilan, saat dipindahkan ke sisi yang tak ada sinarnya ternyata bayangan mobil-mobilan tadi menghilang. Dicoba satu per satu dengan mainan lain. Lalu pesawat mainannya ditaruh di tangan bunda, "pesawatnya hinggap di tangan bunda". #fitrahbelajar Ada lagi imajinasi ananda yang tak kalah heboh, koper & rafia persiapan mudik seolah menjadi mic+sound system. Ananda memegang ujung tali sambil  bergaya dan bernyanyi beberapa lagu favoritnya. #fitrahbelajar

Perjalanan mudik kali ini cukup berkesan bagi ananda. Sedari awal sangat bersemangat saat tahu akan ke rumah uti. Bahkan sudah siap memakai kaos kaki-sepatu sendiri sambil menunggu waktu berangkat (padahal 2 jam lagi). Sepanjang jalan sangat kooperatif, bahkan cenderung tenang dan mudah mengkomunikasikan apa yang diinginkannya (haus, lapar, panas, dsb).

Setelah sampai pun, banyak sekali hal-hal yang dapat dibuat bahan belajar. Baik di alam, maupun peng-alaman saat bersilaturahim dengan saudara maupun tetangga di desa kelahiran bunda. Ditambah suasana Ramadhan yang begitu mendukung menyemai fitrah keimanan, bersanding dengan fitrah belajar, individual-sosial, serta bakatnya.

Terimakasih sudah menjadi semangat bunda untuk terus memperbaiki diri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Pulang ke Udik: Menggelar Kenangan, Membayar Hutang Kerinduan

Sebagai warga perantau, bagi Griya Wistara acara mudik bukan lagi hal baru. Entah pulang ke rumah orangtua di luar kota dalam propinsi maupun mertua yang lebih jauh, antar kota antar propinsi. Bukan hal mudah dalam mempersiapkan mudik, sebutlah H-3 bulan kami harus berburu tiket kereta agar tak kehabisan sesuai tanggal yang direncanakan. Pernah suatu waktu kami harus pasang alarm tengah malam, karena hari sebelumnya sudah kehabisan tiket kereta yang diharapkan. Padahal baru jam 00.15 WIB, artinya 15 menit dari pembukaan pemesanan. Belum lagi persiapan deretan kebutuhan selama sekian hari di kampung halaman. Mana barang pribadi, mana milik pasangan, dan persiapan perang ananda tak ketinggalan. Jangan tanya rancangan budget lagi, saat pengeluaran mendominasi catatan keuangan. Membawa sepaket koper alat perang, melipat jarak agar semakin dekat. Perjalanan selalu menyisakan hikmah. Bukan perkara mudah mengelola sekian jam di atas kereta bersama balita. Alhamdulillah, beberapa kali mele

Jurnal Belajar Level 7 : Semua Anak Adalah Bintang

Usia 0-6 tahun : selesai dengan diri sendiri. Salah satu tantangan yang paling identik dengan tema level 7 ini, adalah saat orangtua mulai galau dan membanding-bandingkan anaknya dengan anak orang lain. Atau yang paling dekat dengan saudara kandungnya sendiri. Seolah-olah anak harus mengikuti sebuah pertandingan yang belum tentu setara dengan dirinya. " Coba lihat, mas itu sudah bisa jalan. Kamu kok belum?" "Berani nggak maju ke depan seperti mbak ini? " Setiap anak memiliki sisi unik yang menjadikannya bintang. Allah tak pernah salah dalam membuat makhluk, maka melihat sisi cahaya dari setiap anak adalah keniscayaan bagi setiap orangtua. Berusaha dalam meninggikan gunung, bukan meninggikan lembah. Mengasah sisi yang memang tajam pada diri anak butuh kepekaan bagi orangtua. Dalam buku CPWU, dapat diambil teknik E-O-WL-W untuk menemukan kelebihan setiap anak. 1. Engage Atau membersamai anak dalam proses pengasuhan dan pendidikan dengan sepenuh hati (yang