Langsung ke konten utama

TANTANGAN 5.4

Tantangan 5.4
Diawinasis M. Sesanti
Trenggalek, 11 Juni 2017

Kali ini Ananda memilih satu buku yang sudah sering didengarnya, kisah Umum Mahjan r.a. yang memang salah satu favoritnya. Jujur saja, referensi saya tentang kisah shahabiyah ini sangat terbatas. Jadi membaca narasi singkat untuk Farza ini sebenarnya saya sendiri juga belajar.

* Umum Mahjan r.a. Wanita yang Merawat Masjid : tentang seorang wanita yang beramal sesuai kesanggupannya, meskipun kecil namun membawa manfaat bagi umat.

* Doa Ibunda Syaikh Sudais : pesan yang begitu menancap sempurna untuk saya, apapun keadaannya senantiasa berpikir positif, berdoa yang terbaik untuk anak-anak.

Terbayang di kepala saya, betapa ibunda Syaikh Sudais ini tentu sudah mempraktekkan komunikasi produktif tingkat tinggi hingga dapat mengendalikan pilihan diksi hingga sedemikian rupa. Betapa tadzkiyatun nafs begitu penting dalam mendidik ananda.

* Hei Ini Aku: Ibu Profesional! (hal 50-70)
Ini judul buku yang legend di IIP, dan kisah di dalamnya pun memang begitu menginspirasi. Proses seorang ibu yang menganggap sebagai ibu itu hal yang mudah, semua wanita otomatis bisa. Lalu ketika langsung menjalani peran sebagai ibu, baru tersadar ada beragam tantangan yang tidak pernah diajarkan solusinya di bangku sekolah.

Pohon itu tumbuh dari satu tunas, bertambah lembaran daunnya satu per satu. Tak ada yang yang blm salabim, ada proses yang harus dilalui. Memilih pohon organik, bisa jadi butuh waktu lama untuk tumbuh besar, namun biasanya harapan hidupnya lebih lama.

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Pulang ke Udik: Menggelar Kenangan, Membayar Hutang Kerinduan

Sebagai warga perantau, bagi Griya Wistara acara mudik bukan lagi hal baru. Entah pulang ke rumah orangtua di luar kota dalam propinsi maupun mertua yang lebih jauh, antar kota antar propinsi. Bukan hal mudah dalam mempersiapkan mudik, sebutlah H-3 bulan kami harus berburu tiket kereta agar tak kehabisan sesuai tanggal yang direncanakan. Pernah suatu waktu kami harus pasang alarm tengah malam, karena hari sebelumnya sudah kehabisan tiket kereta yang diharapkan. Padahal baru jam 00.15 WIB, artinya 15 menit dari pembukaan pemesanan. Belum lagi persiapan deretan kebutuhan selama sekian hari di kampung halaman. Mana barang pribadi, mana milik pasangan, dan persiapan perang ananda tak ketinggalan. Jangan tanya rancangan budget lagi, saat pengeluaran mendominasi catatan keuangan. Membawa sepaket koper alat perang, melipat jarak agar semakin dekat. Perjalanan selalu menyisakan hikmah. Bukan perkara mudah mengelola sekian jam di atas kereta bersama balita. Alhamdulillah, beberapa kali mele

Jurnal Belajar Level 7 : Semua Anak Adalah Bintang

Usia 0-6 tahun : selesai dengan diri sendiri. Salah satu tantangan yang paling identik dengan tema level 7 ini, adalah saat orangtua mulai galau dan membanding-bandingkan anaknya dengan anak orang lain. Atau yang paling dekat dengan saudara kandungnya sendiri. Seolah-olah anak harus mengikuti sebuah pertandingan yang belum tentu setara dengan dirinya. " Coba lihat, mas itu sudah bisa jalan. Kamu kok belum?" "Berani nggak maju ke depan seperti mbak ini? " Setiap anak memiliki sisi unik yang menjadikannya bintang. Allah tak pernah salah dalam membuat makhluk, maka melihat sisi cahaya dari setiap anak adalah keniscayaan bagi setiap orangtua. Berusaha dalam meninggikan gunung, bukan meninggikan lembah. Mengasah sisi yang memang tajam pada diri anak butuh kepekaan bagi orangtua. Dalam buku CPWU, dapat diambil teknik E-O-WL-W untuk menemukan kelebihan setiap anak. 1. Engage Atau membersamai anak dalam proses pengasuhan dan pendidikan dengan sepenuh hati (yang