Diawinasis Mawi Sesanti_Nice Homework #7_
*TAHAPAN MENUJU BUNDA PRODUKTIF*
Petunjuk Pengerjaan
Bunda dan calon bunda yang masih semangat belajar sampai NHW #7. Selamat, anda sudah melampaui tahap demi tahap belajar kita dengan sabar.
Setelah kita berusaha mengetahui diri kita lewat NHW -NHW sebelumnya, kali ini kita akan mengkonfirmasi apa yang sudah kita temukan selama ini dengan tools yang sudah dibuat oleh Abah Rama di Talents Mapping.
Segera cocokkan hasil temu bakat tersebut dengan pengalaman yang sudah pernah teman-teman tulis di NHW#1 – NHW #6
Semua ini ditujukan agar kita bisa masuk di ranah produktif dengan BAHAGIA.
Ketahuilah tipe kekuatan diri (strenght typology) teman-teman, dengan cara sbb :
1⃣masuk ke www.temubakat.com
2⃣isi nama lengkap anda, dan isi nama organisasi : Ibu Profesional
jawab Questioner yang ada disana, setelah itu download hasilnya
3⃣Amati hasil dan konfirmasi ulang dengan apa yg anda rasakan selama ini.
4⃣ Lampirkan hasil ST30 (Strenght Typology) di Nice Homework #7
Buatlah kuadran aktivitas anda, boleh lebih dari 1 aktivitas di setiap kuadran
Kuadran 1 : Aktivitas yang anda SUKA dan anda BISA
Kuadran 2 : Aktivitas yang anda SUKA tetapi anda TIDAK BISA
Kuadran 3 : Aktivitas yang anda TIDAK SUKA tetapi anda BISA
Kuadran 4: Aktivitas yang anda TIDAK SUKA dan anda TIDAK BISA
***
Jawaban
1. (done)
2. (done)
3. Setelah mengisi kuisioner di www.temubakat.com kali ini, saya mencoba membandingkan dengan hasil tes sebelumnya. Ternyata ada beberapa tipe yang berubah di zona merah. Kemungkinan besar selama mengikuti matrikulasi IIP ini, memberi pengalaman baru sehingga saya lebih enjoy di tipe tersebut. Hal-hal yang sebelumnya belum saya “kenal” ternyata bisa membuat saya enjoy ketika tahu “ilmunya”.
4. Hasil ST30
KEKUATAN (Zona merah)
Caretaker :
Berkaitan dengan pilar bunda sayang, mengingat usia anak masih 2y4m sehingga masih butuh banyak bantuan.
Creator :
Berkaitan dengan pilar bunpro: hobby membuat sesuatu, me-time dg doodleart, atau DIY playing dengan Farza
Educator :
Berkaitan dengan pilar bunsay, menjadi madrasah utama dan pertama bagi anak-anak
Journalist :
Berkaitan dengan pilar bunsay menulis portofolio Farza, pilar bunpro ngeblog atau sekedar menulis caption di IG atau FB
Server :
Berkaitan dengan pilar bunsay+buncek memberi pelayanan untuk “customer” di ranah domestik (anak dan suami)
Strategist :
Tipe baru yang muncul, setelah melewati proses panjang di 7 minggu ini. Saya baru menyadari bahwa membuat perencanaan itu menyenangkan. Misalnya rencana keuangan, jadwal pekan/harian, rencana pendidikan anak, dsb.
KEKUATAN (Zona kuning)
Administrator :
Berkaitan dengan kebiasaan belajar dg metode mencatat, mindmapping, mencatat hal berkaitan dengan cecklist harian, portofolio, dst.
Designer :
Berkaitan dengan hobby doodleart, handlettering, desain baju, DIY play, dsb
Marketer :
Berkaitan dengan “griya wistara”
Mediator :
Sisi plegmatis yang tidak suka konflik, membuat saya sering menjadi penengah saat ada konflik antara 2 kubu
Seller :
Berkaitan dengan “griya wistara”
KELEMAHAN (Zona Hitam)
Commander
Tidak suka mempengaruhi orang dg cara keras (command and control)
Eksplorer
Kurang tertarik dengan penyelidikan metodis, mungkin bisa (pengalaman saat sekolah)
Operator
Kurang dalam hal keteraturan dan menjaga prosea berlangsung, bisa tapi mungkin kurang suka
Safekeeper
Kurang suka menjadi “penjaga” di luar ruangan, menunggu, mengamankan, dsb
KELEMAHAN (Zona Abu-abu)
Analyst
Tidak terlalu enjoy dengan data dan pengolahannya
Interpreter
Bisa, namun kurang suka
Quality Control
Saya merasa kurang teliti dan perfeksionis
Visioner
Kurang pengalaman sebagai leader dan perencana jangka panjang
BISA
TIDAK BISA
SUKA
DIY play --learning by doing
Doodleart (creator) --learning by doing
Membersamai pendidikan anak (educator/server/caretaker) --learning by doing
Memasak (caretaker/creator)
Menulis (journalist)
Membuat perencanaan: jadwal, keuangan, project, dsb (strategist) --learning by doing
TIDAK SUKA
Marketing : bisa tapi masih sulit membagi waktu shg memilih break
Tugas laundry: utamanya setrika (server) --efek: sering menunda
Mengatur dg memaksa (commander)
Komentar
Posting Komentar