Langsung ke konten utama

Tugas Review Jurnal #3 (Yayan Nurlian)

 Bismillahirrahmanirrahim, 

Sampai di review jurnal buddy yang ketiga. Kali ini saya berpasangan dengan mbak Yayan Nurlian. 



Berikut jurnal beliau: 

https://yayannurlian.wordpress.com/2021/08/17/amigdala-hijacking-starbursting-tim-temani/

Problem statement tim-nya sangat menarik nih, Amigdala Hijacking. Pembajakan? Siapa yang membajak? Untuk apa dibajak? 

Alur jurnalnya sudah baik, saya sebagai orang di luar tim dapat menangkap dengan baik alur dalam merumuskan problem statement dan starbursting yang dilakukan oleh tim Temani. 

Namun ada beberapa catatan agar dapat lebih baik lagi ke depannya. Yaitu jumlah pertanyaan di setiap sudut bintang dalam jurnal yang masih berjumlah satu saja. Betul jawabannya cukup mendalam, tetapi akan lebih baik lagi jika sesuai ketentuan. Atau ini adalah resume dari sekian pertanyaan? Jika demikian maka lebih baik jika semua pertanyaan dituliskan saja. 


Proses diskusi juga sudah melibatkan tim dalam merumuskan masalah aku-kamu menjadi masalah kita. Sudah baik dan perlu dipertahankan. 


Setelah merumuskan starbursting, jika ada sumber bacaan/film/ahli lain sebaiknya dituliskan saja agar menguatkan proses starbursting yang telah dilakukan. 





Semoga sukses untuk mbak Yayan Nurlian serta tim Temani. Tema yang diangkat banyak dialami oleh para perempuan, semoga dapat menjadi solusi untuk mereka yang butuh pengendaliaan emosi lebih baik lagi. 


Berikut review dari mbak Yayan:

https://yayannurlian.wordpress.com/2021/08/23/review-jurnal-buddy-3/





Malang, 23 Agustus 2021

Diawinasis M. Sesanti

IP Malang Raya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian