Langsung ke konten utama

Jurnal #5 IDENTIFIKASI AKSI MENJADI SOLUSI

 Bismillahirrahmanirrahim, 

Sampai di materi ke-5 perkuliahan Bunda Salihah, Identifikasi Aksi Menjadi Solusi. Tahap yang cukup menantang, karena kami diminta untuk membuat breakdown dari tujuan yang sebelumnya telah dibuat oleh tim menjadi Langkah-langkah yang lebih spesifik sesuai milestone, kemudian dipecah lagi menjadi highlight hingga key-updatesnya. 


Pada hari Kamis kami sepakati untuk melakukan 2 sesi diskusi. Pertama lewat WAG di hari Jumat, alhamdulillah sebagian besar hadir. Adapun mbak Wita yang berhalangan, menanggapi saat sudah online. Sesi diskusi kedua di hari Sabtu lewat google meeting. Dihadiri oleh 4 member (Mbak Tika, Mbak Fiqoh, Mbak Resti, dan saya), kami melanjutkan sesi pertama kemarin. Selain sesi diskusi, kami juga sudah memulai perjalanan di milestone #1 yaitu belajar membuat clip art dan pattern menggunakan Medibang paint. 

Berikut adalah hasil diskusi kami:


HIGHLIGHT & KEY UPDATES







Tujuan Milestone #1: Belajar Medibang Paint

*Member bisa mengenal tools medibang lewat video dan belajar bareng. 

*Member bisa belajar praktik langsung dengan mengerjakan challenge yang diberikan. 


Indikator keberhasilan

*Tiap member membuat minimal 1 karya/challenge

*Posting dokumentasi proses belajar di media sosial/web Rinjing Destock.


Highlight per materi : 

 ✅11 - 24 Sept 2021 (Done) 

Judul: Pengenalan Tools Medibang Paint

Deskripsi:

- Materi di gmeet

- Sekilas ttg medibang

- Karya member dari challenge

✅ 25 Sept - 08 Okt 2021

Judul: Membuat pattern

Deskripsi:

- Materi di gmeet

- Tutorial/timelaps pembuatan pattern

- Karya member dari challenge

✅ 09- 22 Okt 2021

Judul: Membuat karakter sederhana

Deskripsi:

- Materi di gmeet

- Sekilas ttg karakter

- Karya member dari challenge

✅ 23- 31 Okt 2021

Judul: Review Karya

Deskripsi:

- Karya member dari challenge

- Live IG



Tujuan milestone #2: Belajar Dasar-Dasar Desain

*Member bisa mengenal dasar desain grafis dan penerapannya dalam logo serta flyer

*Member bisa belajar praktik langsung dengan mengerjakan challenge yang diberikan 

Indikator keberhasilan:

*Setiap member membuat minimal 1 karya/challenge

*Posting dokumentasi proses belajar di media sosial/web Rinjing Destock.


Highlight per materi : 

✅6- 19 November 2021 (Done) 

Judul: Elemen/Unsur dalam Desain Grafis

Deskripsi:

- Materi di gmeet

- Penjelasan tiap elemen

- Karya member dari challenge

✅ 20 Nov - 03 Des 2021

Judul: Prinsip Dasar Desain Grafis

Deskripsi:

- Materi di gmeet

- Penjelasan dari setiap prinsip

- Karya member dari challenge

✅ 04-17 Des 2021

Judul: Membuat Logo

Deskripsi:

- Materi di gmeet

- Sekilas tentang logo yang baik

- Karya member dari challenge

✅ 18-31 Desember 2021

Judul: Membuat E-flyer

Deskripsi:

- Materi di gmeet

- Tips membuat e-flyer

- Karya member dari challenge

- Live IG


Tujuan milestone #3: Belajar Editing Video dengan Canva

*Member bisa mengenal langkah dalam mengedit video memakai canva

*Member bisa belajar praktik langsung dengan mengerjakan challenge yang diberikan 

Indikator keberhasilan:

*Setiap member membuat minimal 1 karya/challenge

*Posting dokumentasi proses belajar di media sosial/web Rinjing Destock.


(Materi masih dalam proses konfirmasi dengan mentor) 


🔑Key Updates: 

Dilakukan per 2 hari sekali. Dilakukan piket member untuk membuat konten di media sosial @rinjingdestock.


TIMELINE


Milestone Pertama


Milestone kedua



SOCIAL MEDIA

Media sosial yang saat ini sudah dimiliki tim Rinjing Destock:

- Instagram: [@rinjingdestock]

- Facebook Page: Rinjing Destock

- Website: https://sites.google.com/view/rinjingdestock/home



FUNDRAISING

Pada tahap ini (6 bulan) kami fokus pada program internal tim terlebih dadulu, di mana saat ini kami belum membutuhkan dana. Kemungkinan setelah intern tim solid, kami cari penerima manfaat (belajar desain) dari luar tim, baru kami akan masuk ke tahap fundraising. Dimana kami membutuhkan untuk:

- Pemateri/Mentor

- Platform meeting: Zoom pro, streamyard, dst

- Pengembangan tim

Karena pengetahuan kami masih terbatas, Insya Allah kami ingin mengikuti pelatihan dari Kelas Bunsal. 



CAMPAIGN

Tujuan: untuk memperkenalkan program tim Rinjing Destock

Jenis: Visual, audiovisual, live IG (HL ke-4 di milestone #1) 

Platform: IG, FP, dan Web


UPDATES

SWOT ANALYSIS TIM

Strenght

- Program tim yang sudah tersusun

- Tim yang solid

- Sudah punya mentor Milestone #1

- Memiliki media sosial Tim Instagram) 

Weakness

- Manajemen waktu para member khususnya yang memiliki kesibukan lain di luar tim

- Pengetahuan desain masih terbatas 

- Mentor yang terbatas

- Belum punya website dan FP

Opportunities

- Belajar dan melatih skill desain

- Peluang bisnis dari portofolio

- Sharing ilmu desain yg kita pelajari lewat  medsos

- Mengikuti pelatihan dari kelas Bunsal seputar web dan media sosial 

Threats

- Kesibukan member di luar tim yang bisa mengganggu jalannya program

- Ritme tiap member masih belum sama

Ancaman oleh kelemahan 

- Kebosanan anggota tim





#IdentifikasiAksi

#ibupembaharu

#bundasalihah

#darirumahuntukdunia

#hexagoncity

#institutibuprofesional

#semestaberkaryauntukindonesia

#ibuprofesionaluntukindonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian