Langsung ke konten utama

TANTANGAN 2.7: BUAT LEBIH MUDAH UNTUKNYA

Diawinasis M.S.
Malang, 01 Maret 2017

Kali ini bunda bersama ananda membereskan semua mainan yang berserakan. Apakah berhasil? Iya berhasil membuat ananda "memainkan semuanya", seperti diingatkan.. oiya, ada stick es krim, ada playdough, ada balok menara. Setelah kegiatan ini sempat macet, karena kotak penyimpanan dipakai sebagai tangga ananda melihat hujan di jendela. Namun dengan bekerjasama, akhirnya mainan-mainan ananda dapat tertata rapi.

Hal yang menunjukkan kemandirian ananda, selepas makan siang: "Bun, sudah maemnya.. mau bobok", lalu ananda lari ke kamar. Lima menit berselang, bunda lihat ananda sudah tertidur lelap.

Malang, 28 Februari 2017
Farzana A.W/2y7m/Pr
Fasilitator: Bunda
Dokumentasi: Bunda

Alat&Bahan:
Buku-buku cerita
Rak buku

Narasi:
Seperti biasa, sebelum membaca disampaikan aturan: "ambil yg dibaca, yg sudah selesai dibaca ditaruh di rak".

Ananda pun mengambil beberapa buku sekaligus, lalu "dibaca" dengan suara keras. Selesai membaca buku-buku tersebut bergantian, ananda sudah mau mengambil buku lagi dari rak. Bunda lalu mengingatkan, "Yang sudah selesai di taruh lagi ya.." sambil mencontohkan cara menaruh buku. Ananda sudah bisa untuk boardbook ukuran kecil, namun utk buku yang tipis dan lebar agak kesulitan.

Whatnext: Nampaknya untuk buku tipis perlu dibuat tempat penyimpanan yang lebih mudah bagi ananda.

#Gamelevel2.7
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian