Langsung ke konten utama

Jurnal 4.5: Check In Progress

Alhamdulillah masuk pekan ke-5 tahap Kupu-kupu di Kelas Bunda Cekatan #1 IIP.

Setelah pekan lalu kami check in dengan hubungan mentorship (mentor-mentee), pekan ini kami check progress yang telah dilakukan.

Siapkan goal+plan, evaluasi yang telah dilakukan. Adakah yang belum sesuai ekspektasi? Yuk kita lakukan false celebration! Berikutnya kita meminta feedback dari berbagai sudut pandang (360° Feedback).

***
As Mentee

Progres Pekan ke-5
Alhamdulillah progres masih berjalan on track, dan tentu saja butuh perbaikan sana sini. Saya berbagi false celebration dengan mentor & suami untuk kemudian mendapatkan feedback. Alhamdulillah mentor memberi masukan, tips, serta menjawab beberapa pertanyaan seputar pencatatan yang menjadi kendala. Semoga ke depan bisa lebih konsisten agar goal bisa dicapai.
Mentorship Pekan V
As Mentor

Jujur saya merasa belum maksimal sebagai mentor, masih meraba-raba apakah yang saya bagikan berguna untuk mentee mencapai goal atau tidak. Saya rasa saya masih kurang dalam menjalin komunikasi yang hangat dengan mentee sehingga saya merasa kurang mendapat feedback.

Sambil berbagi lanjutan perangkat doodle, semoga bermanfaat untuk mentee menjalankan plan.

***
Justru saya nemu banyaaakkkk feedback di bidang yang saya geluti (Doodle Art & Desain).

Sambil sharing tentang #12PerangkatDoodle bareng mentees, ternyata poin2nya ga hanya bisa dipakai di infodoodle (doodle literasi) tetapi juga di doodle art. Contohnya saya sharing pernah buat gambar kata & bullet. Oiya, pernah pakai figur untuk sertifikat warnai bahagiamu juga. Masih ada 2 perangkat yang belum dibahas, boleh disimpan untuk next mentorship.

Dapat #buddy baru di luar buncek, saling ngasih feedback tentang desain. Wes, siap nampung ilmu dari mastah sambil nyimak konten gemesin di IG-nya. Dan pastinya bakalan banyak krisan buat saya. Juga feedback dari team #GASS, habis sinau ttg asertif kita langsung praktek. 

Baru nyemplung ngulik coret2 digital yang juga ga kalah menantang. Akhirnya bisa bikin mandala dan makanan ambigu, done setor pir ala-ala. Jika jari jempol semua, jangan bosan pake fitur zoom-in zoom-out. #BikinFlashCardYuk #ChallengeSafari

Oiya jangan lupa PR #DimaseArt yang lama mikir konsep untuk printable. Akhirnya bakat connectedness muncul setelah kepepet revisi. Langkah pertama itu emang beurat... Tapi berikutnya kita tak hanya lancar berjalan, tapi juga berlari dan melompat, kalau perlu salto. Masih otw kalau ini... Goals-nya bikin bahan bakar berlebih kalau ingat mau dipakai buat siapa.

Panjang bener false celebration tentang desain & doodle. Ada yang mau nambahin 360° Feedback???
(Nyari masalah buat menguji daya lenting kalau kata ibu Alka)


Malang, 22 Juni 2020
Diawinasis M. Sesanti

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian