Langsung ke konten utama

Jurnal Zona Growth 3

Bismillahirrahmanirrahim, 

Masih di zona Growth, pekan ini kami belajar tentang TOPI di Hexagon City. Yang kebayang semacam topi saat masuk Hogwarts untuk menentukan pilihan jurusan. Hahaha... Topi yang ini berbeda, yaitu "SIX THINKING HATS" dari De Bono. Siapa dia? Bagaimana teorinya? 

Jadi, kita diminta untuk berpikir runut dengan menggunakan 6 topi: biru, putih, hijau, kuning, hitam, merah. Dan hasil akhirnya action plan dengan topi biru lagi. Masih bingung deh... Yuk kita ulik satu-satu:

Topi biru

Topi putih

Topi hijau

Topi kuning

Topi hitam

Topi merah

Panjang ya? Dan ini harus dijalankan berurutan, tidak boleh dipilih warna kesukaan saja atau dibolak-balik. BIG NO! 

Jangan lupa juga, kami sedang menyelesaikan milestone kami: Menyelesaikan buku aktivitas dan playmat, wah rasanya nano-nano kejar DL memeriksa ilustrasi apa yang kurang kemudian tim yang lain me-layout. 

Ada juga tim jasa yang sedang menyelesaikan pesanan cover buku. Ditambah lagi challenge berdatangan, pembuatan video, cover lagi, desain planner, dst. Apakah semua diterima? Yang paling penting adalah kejelasan kebutuhan klien, dan solusi yang dapat kami tawarkan. Jika sesuai, kami mampu maka kami akan ambil. Jika kami merasa belum mampu, kami berusaha asertif menyarankan ke vendor lainnya. Ini tantangan tersendiri, mengingat banyak sekali kebutuhan desain di Hexagonal City. Sekali lagi kami pun tidak boleh dholim pada tim, maupun pada klien. Berusaha memberikan solusi seperti slogan kota ini. 

Diskusi di CH akhirnya melahirkan daftar panjang topi-topi ini. Amazing sebenarnya, jika ini dibiasakan bisa gamblang dan runut. 

Six Thinking Hats CH-3 Desain





🧢 Topi biru: Tantangan dan tujuan yang ingin dicapai

🧢 Menyelesaikan milestone draft buku & playmat
Tantangan: 
Manajemen waktu saat ada beberapa DL dalam satu waktu.
🧢 Menerima klien jasa desain
Tantangan: Perbedaan jam online antar warga sehingga kadang detail jasa saling menunggu antara klien-admin-desainer
🧢 Launching Produk paket SU 2.2 
Tantangan: Dibutuhkan persiapan promo, tanggal yang belum pasti penutupan Hexamarket mempengaruhi tanggal penutupan PO. 

🤍 Topi Putih: Data dan Fakta pendukung

Fakta/data:
- Tanggal penutupan Hexamarket dan Hexalink belum jelas
- Progress layout buku 90% done, layout playmat (Mb Rista, mb Asrini) 
- Ada peluang klien 20 video insyaallah
- Masih ada peluang klien cover buku dan layout (Mb Lina) 
- Ide-ide promosi & copywriting (@mba Nurina & @mba Lailie) 
- Sistem pemesanan di hexamarket yang panjang
- Tim sudah mulai terbagi rapi, ada tim keuangan, marketing/promosi, cs
- Blum ada pencatatan yang rapi untuk penjualan/keuangan
- Keterbatasan tools desain antar warga

💚 Topi Hijau: Ide dan Solusi

- Diskon 2.2 hanya dari jam 9-14 (punya waktu untuk isi form zoho)
- Membuat pengingat tanggal pengisian form pencairan dana
- Cust Boleh transfer langsung ke rek kita, jika ada kendala saat transfer via paper.id. Nanti kita teruskan
- Mencoba follow up ke balaikota mengenai kepastian tanggal penutupan hexamarket/hexalink sebelum PO dimulai
- Kejar target finishing buku dan playmat sesuai deadline
- Mulai membentuk tim kerja untuk proyek-proyek yang on going
- Membuat flow kerja tim materi promosi lebih terstruktur dan membuat timeline kerja
- Meringkas sistem pemesanan dari sisi vendor (kita) semaksimal mungkin (bisa gak?) karena secara sistem pusat tidak memungkinkan diubah dari CH
- Segera membuat dan merapihkan pencatatan keuangan, 

💛 Topi Kuning: Manfaat, Value, Kelebihan @Ide

💛 Kelebihan merapikan catatan keuangan: jika ada kesalahan/selisih bisa segera diluruskan
💛 Follow up ke Hexamarket: lebih clear jika sudah ada kepastian
💛Kejar target finishing: on time sesuai milestone
💛Tim kerja: pembagian kerja sudah jelas, tinggal menyelesaikan tugas masing-masing.

🖤 Topi Hitam: Kekurangan ide tsb, dan solusi utk menanggulangi

🖤Sebaiknya ada waktu khusus yang dialokasikan untuk update catatan
🖤jika belum: estimasi tgl selebrasi 1-2 pekan sebelum/sesudah
🖤Menyiapkan tenaga dan mood agar tetap terjaga
🖤Jika ada perbedaan tools, skill dsb bisa dibuat sesi menyamakan frekuensi agar bisa saling support

❤️ Topi Merah: Feeling thd ide tsb

❤️Optimis, insyaallah lancar dan sukses
❤️ Insya Allah semua karya selesai tepat waktu dan bermanfaat untuk banyak orang


💙 Solusi Terbaik
Berkomitmen menyukseskan keseluruhan milestone yang sudah dibuat. 

Action Plan:
Action Plan:
Pilih, siapa melakukan apa: 
🧢Mengerjakan proses draft dan produksi buku aktivitas & playmat: Nuri, Lina, Rista

🧢Mengerjakan pesanan jasa yang masuk ke SU (hexalink): Nayla, Lina, Handa, Rista, Santi

🧢Mengerjakan penjualan mulai dari persiapan promo, event 02.20, dan seluruh proses di Hexamarket: Lailie, Nurina, Asrini, Handa, Ade, Santi

🧢Memperbarui catatan keuangan CH: Tata, Lailie, Nuri, Nayla


Six Thinking Hats Cluster TMS Tim A







Kesimpulan (topi biru):
Menyukseskan PP seluruh CH di Cluster dengan membuat katalog bersama yang eye-catching, mudah di download dan di share serta informatif untuk umum. 

Action Plan:
Bikin tim terkait proyek pembuatan katalog ini:

1. Tim creative:
- Arista
-Diawinasis Mawi Sesanti
- DiahSoehadi
dst

2. Tim penyusun/konseptor:
-
-
Dst

3. Tim eksekutor/desain:
- Alisa Gumala
- Fitriani Kusumawardhani
-Alienda
- Asti
-Azizah
- Anda
- Una
Dst

Khusus tim di Klaster masih berlanjut diskusi menentukan siapa mengerjakan apa. Saya sendiri masuk ke tim kreatif. 


Malang, 01 Februari 2021
Diawinasis Mawi sesanti

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian