Langsung ke konten utama

Jurnal 3.1: Character to Nation

Bismillahirrahmanirrahim, 


Pekan ini Hexagonia memasuki Membangun  Pondasi Karakter Hexagonia. Wah, apa ini? Intinya ada daftar panjang teori seputar karakter moral dan karakter kinerja. Pokoknya panjang dan saya butuh waktu lebih lama untuk memahami satu per satu. 


Dan tugas kami pekan ini adalah berdiskusi dengan teman-teman Co-Housing:

- Menentukan tujuan Project. 

- Menentukan karakter (baik moral maupun kinerja) apa saja yang dapat mendukung, menghambat, dan menghentikan project passion Co-Housing. 

Wah, menarik sekali kali ini selain bicara karakter juga belajar vocabularies karena banyak kosakata dan istilah karakter yang masih asing bagi kami. 


Goals, Boosts, Delays, dan Risks

Hexa Character CH-3 Desain


Akhirnya saya memutuskan untuk memilih RESPONSIBILITY sebagai satu karakter kinerja yang akan saya latih selama 6 bulan ini. 




Why? 

Mengingat karakter ini sangat penting untuk berjalannya project sampai tuntas. Dimana saya juga berperan sebagai Co-Housing leader yang bertanggungjawab terhadap para Hexagonia dalam satu Co-Housing, maka saya tidak boleh out of track. Nasib tim dan project menjadi tanggung jawab bersama, dan saya sebagai leader berprinsip untuk menjadi "ing ngrasa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani" artinya saya bertanggungjawab baik dimanapun posisi yang saya ambil. 


Pekan ini adalah tahap kognitif (knowing) dan mencoba bertahap masuk ke tahap emosi (feeling) sebelum secara sadar menjalankan karakter bertanggungjawab dalam keseharian. 


Karakter itu dijiwai, bukan ditulis di atas kertas... 


Jadi, pekan ini sudah praktik "responsibility" dalam bentuk apa? 

- Menyimak live on time,  berusaha memahami materi bersama teman-teman Co-Housing. 

- Diskusi bareng terjadwal di Co-Housing. 

- Membuat presensi diskusi. 

- Memastikan semua Hexagonia dapat bersama-sama menyelesaikan tugas pekan ini. 

- Tim #deptcollector, mengumpulkan semua Hexa Character dari tiap Hexagonia agar lembar jurnal kedua dapat dikumpulkan. 

- Submit jurnal sebelum DL (insya Allah). 


Hamasah! 

Bersiap untuk masuk tahap berikutnya. 


Diawinasis M. Sesanti

Malang, 25 Oktober 2020


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian