Langsung ke konten utama

Jurnal Astro Capella: Warnai Angkasamu

Bismillahirrahmanirrahim. 


Salah satu belanja pengalaman yang berharga selama bergabung di Institut Ibu Profesional adalah ikut tergabung menjadi bintang penjelajah atau Astro di event sembilan tahun Ibu Profesional. Waktu itu, kami sebagai mahasiswa aktif diminta untuk mendaftarkan karya yang terinspirasi dari perkuliahan di IIP. Seperti undian iseng-iseng berhadiah, saya pun mengisi form pendaftaran. 

Wah? Menarik nih... Mari kita coba! 

Yang saya daftarkan adalah project #WarnaiBahagiamu yang pernah saya buat bersama tim Shiwachi setelah lulus dari perkuliahan Bunda Cekatan. Siapa sangka, project gratisan ini lolos dan mengantarkan saya pada sebuah petualangan seru. 

Sebuah surel saya terima, dan berisi undangan untuk masuk ke WAG sesuai kelompok karya. Jujur saya lupa, kelompok apa yang saya pilih waktu itu. Dan sempat ingin mundur karena mengingat kesibukan saya di bulan September-Oktober. 



Sempat berniat tidak melanjutkan, tetapi namanya rejeki itu tidak kemana. Ada tim yang mengundang saya untuk bergabung di WAG Penjelajah Bintang. 



Namanya telanjur basah, ya sudah nyemplung sekalian. Saya pun bergabung dengan penjelajah bintang Capella yaitu kelompok karya berupa buku. 

Setelah mengenal puluhan astro yang ada di rasi Capella, berikutnya kami diminta untuk membagikan project kami pada astro lainnya. Wow! Dari sini saya tahu, banyak sekali penulis keren dengan daftar panjang karyanya ada di sini. Saya yang hanya membuat e-book itupun bareng tim, serasa menjadi debu di ekor komet.  Cerita saya boleh disimak di sini

Pekan berikutnya, tim HIMA regional Malang Raya ternyata juga meminta para Astro dari Malang (saat itu 10 orang) turut berbagi di WAG HIMA IPMR. Berhubung saya sudah pernah sharing seputar project ini, akhirnya saya membagikan project lain yang juga seputar Doodle Art: Belajar Doodle Sepekan. Selengkapnya dapat disimak di sini



Saya pikir perjalanan saya sudah selesai, rupanya ada lagi kejutan baru yang datang. Bu Jendral (Teh Nani Nur hasanah) mengirim pesan undangan untuk sharing lewat IG-live pada hari Jumat (9/10). Wow! Tantangan baru lagi. Gladi resik di hari Rabu, cek sinyal, posisi, dsb. Taraaa... Hari Jum'at akhirnya tiba. 



Masya Allah, ini pengalaman baru dan seru bagi saya. Ternyata dengan mencoba saya jadi tahu rasanya bicara di live IG. 



Surprise banget nih mentor doodle saya ikutan support dan bikinin resume live tadi. 


Sebutkan  hal yang kamu dapatkan selama Gugus Bintang Penjelajah 2020? 

1. Sereceh apapun pengalaman belajar dan berkarya kita, ternyata itu adalah proses yang membahagiakan. 

2. Kesempatan untuk melakukan petualangan seru: bertemu Astro lain yang keren dan menemukan inspirasi ide project luar biasa lewat sharing karyanya. 

3. Tantangan untuk berani berbagi: baik di WAG Capella, HIMA IPMR, dan juga IG Live.


Semesta Karya apa yang akan dilakukan di tahun 2021? 


Insya Allah akan dibuat project kolaborasi para mahasiswi BunProd IPMR membuat buku antologi dimana saya ikut ambil bagian seputar doodle. 


Membuat ebook belajar doodle untuk pemula. Sekaligus mendukung kelas belajar yang telah saya lakukan. 


Bekal (potensi diri) dan support apa yang dibutuhkan agar Semesta Karya mu di tahun 2021 tercapai ?


*Menyelesaikan tantangan di kelas bunda Produktif dengan sepenuh hati hingga tuntas. Sebagai modal untuk membuat karya bersama dengan teman-teman mahasiswi BunProd IPMR. 


Info doodle teh Wilda @emakdoodle

*Kolaborasi tim yang terlibat dalam project. 



***

Diawinasis M. Sesanti

Malang, Oktober 2020



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian