Langsung ke konten utama

TANTANGAN 3.10 : Enjoy our book like an icecream

Diawinasis M. S
01 April 2017
TANTANGAN 10 HARI 3.10

Ada projek apa hari ini??? Belum keturutan fullteam, jadi masih kencan berdua sama Farza di rumah: kegiatan yang sehari-hari dilakukan.

Karena spot favorit ini sering dijamah Farza, sudah pasti bim salabim tiba-tiba susunan buku tidak lagi ditempatnya. Ananda sudah bisa mengambil dan meletakkan di rak kembali tetapi belum rapi. Sambil beberes, seolah mengingatkan Farza buku apa saja yang ada di rak. Dibuka sambil "dibaca" satu per satu sehingga bunda harus menunggu mana buku yang sudah selesai dibaca.

Finally done!

Ananda lalu meminta main, jalan-jalan ke bawah. Baiklaahh.. Kita jaga "kewarasan" berdua ya, nak. Menikmati hembusan angin, rumput, muterin taman, nungguin kucing tidur, daannn beli es krim. Semua cukup bikin adem suasana hati. 😂

Yang sudah OKE:
-Latihan komprod - - shg ananda bisa diajak kerjasama beberes rak buku, juga enjoy jalan-jalan di sekitar rumah
-Latihan kemandirian - - membereskan buku masing-masing di rak, membantu buang sampah
-SQ - - mengamati kebesaran ciptaan Allah di lingkungan sekitar
-IQ - - mengamati kucing, membilang jumlah mata, hidung, telinga, warna bulu, panjang-pendek ekor, dsb
-EQ - - mengatakan apa yang dirasakan: senang main di bawah, senang makan es krim
-AQ - - bersikukuh main di bawah tidak mau pulang

WHAT NEXT:
Masih penasaran dg family project yang melibatkan fullteam.

#TantanganHari10
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian