Langsung ke konten utama

TANTANGAN 4.8 ALL ABOUT FISH

TANTANGAN 4.8

Diawinasis M. S. 
Malang, 27 April 2017

Hari ini kami beajar dengan tema: IKAN. Bukan karena rame netizen ngomongin jenis ikan tertentu, tapi emang karena tadi pagi bunda goreng ikan buat sarapan dan ananda doyan.

Berawal dari sini, ada aja yang dilakukan berhubungan dengan ikan. Ananda mengambil lidi dari penebah kasur, lalu naik di kursi untuk bisa "pura-pura memancing ikan".

Mumpung ada cetakan ikan, diulang lagi lah acara bikin jelly bareng Farza. Ananda  yang tuang+mengaduk gula dan bubuk jelly. Belajar lah tentang rasa manis, rasa strawberry, sambil praktek kami ngobrol tentang cara membuat jelly. Saat sudah jadi, tidak sampai 5 menit cetakan ikan sudah bersih.

Sore hari, kami mencari gambar ikan di buku. Ananda meminta dibacakan, tapi karena teksnya panjang jadi hanya sepotong-sepotong. Ananda lebih tertarik memperhatikan gambar ikan sambil mendeskripsikan dengan bahasanya sendiri "ada yang kecil.. Ini ikan mas (berwarna kuning).. Dst". #gayabelajarvisual

Malam hari sebelum tidur, ananda mengajak bunda ngobrol tentang aktivitasnya seharian. Rupanya ananda hafal cara membuat jelly tadi. Learning by doing ternyata lebih mudah nempel di ingatan. Masih ngobrolin ikan, kami bicara nama-nama ikan, makanan ikan, tempat hidup ikan, dan tak lupa bersyukur karena Allah SWT ciptakan ikan.

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian