Langsung ke konten utama

TANTANGAN 4.4 BELAJAR BANYAK SAAT BERMAIN

TANTANGAN 4.4

Diawinasis M. S.
Malang, 23 April 2017

Hari ini ananda banyak main, tapi tetap bisa diamati gaya belajarnya.
Aktivitas
Saat ikut bunda memotong sayur, lebih tepatnya menyuwir jamur. Memegang langsung bendanya, bentuknya dan baunya bisa dirasakan langsung. #kinestetik

***
Pagi menjelang siang, saat ananda sibuk main tiba-tiba terdengar suara di luar. "Bun.. Ada pesawat", langsung ananda naik ke box di samping jendela untuk bisa melihat pesawat. Rupanya ananda peka terhadap suara yang sering didengarnya,  terlebih hari ini pesawatnya lewat berulang kali (ada acara di bandara Malang) #auditori. Entah mengapa, alat transportasi ini menarik bagi anak-anak ditunggu di jendela sampai pesawat tersebut tidak terlihat lagi #visual. Saat ditanya, katanya "pesawatnya sudah turun,  ke bandara" . Ananda memang belum pernah naik pesawat, tapi kami pernah "jalan-jalan ke bandara" untuk melihat pesawat.

***
Sore hari, bunda menonton live video mbak ara dan mas elan. Semacam talkshow yang membahas minat dan bakat mereka. Ananda rupanya diam-diam mengamati, lalu menirukan gaya bicara mas Elan. Apa yang dibicarakan??? Hal apa saja yang diingatnya, tentang pengalaman ke taman kelinci, tentang pesawat, tentang dirinya sendiri, dsb. #visualkinestetis

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian