Langsung ke konten utama

TANTANGAN 4.2 : DIA PUNYA BANYAK IDE

TANTANGAN 4.2

Diawinasis M. S.
Malang, 21 April 2017

Maksud hati mau melanjutkan aktivitas kemarin, apalah daya ananda cuma mau baca 2 kali surat adh Dhuha, lalu memilih "presentasi". Batita emangnya bisa presentasi??? Jangan salah, anak-anak lebih jago bicara kemana-mana daripada orang dewasa. Mereka ga pake mikir a-b-c, langsung yang ada di kepala bisa keluar semua.

Anak bisa salah mendengar, tapi mereka adalah peniru ulung. Saya memang suka doodling, nah diikuti lah aktivitas ini oleh Farza (2y9m). Gambarnya mulai berkembang, bahkan ada ceritanya. Biasanya dari pengalamannya, atau buku yang dibaca, atau lagu yang pernah didengarnya.

Aktivitas:
- Menggambar: jelas secara visual ananda memggambarkan yang ada di pikirannya, sekaligus stimulasi kinestetik (otot tangan)
- Bercerita tentang gambar yang dibuat: stimulasi lewat auditori, melatih komunikasi 2arah,
- Mempraktekkan hal-hal yang berhubungan dengan gambar: misal gambar kelinci--ada hidung, mana hidung Farza? (ditunjuk) Hidung untuk apa? (Bernafas) Bagaimana bernafas? (dipraktekkan). Bisa untuk indera yang lain. Ada juga gambar balon, sambil membilang balon menyanyikan lagu sambil menyanyi.

Tanggal:
Kamis, 20-04-2017
Aktivitas:
Menggambar-bercerita-dialog-menyanyi-menari
Visual:
Ananda memperhatikan gambar bunda, membuat gambar berdasarkan pengalaman/buku yang pernah dibaca
Auditori:
Ananda bercerita tentang apa yang digambarnya, sangat menyukai dialog
Kinestetik:
Kegiatan fisik (melompat--seperti kelinci, berlari--fungsi kaki, dsb)

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian