Langsung ke konten utama

TANTANGAN 5.11

Tantangan 5.11
Diawinasis M. Sesanti©
Trenggalek, 18 Juni 2017

Alhamdulillah berhasil melewati 10 hari pertama, karena STOCK buku yang belum dibacakan masih ada jadi saatnya melanjutkan kebiasaan baik "Family reading time". Family team-nya seminggu ini bunda-Farza karena ayah masih ada jadwal masuk di kantor. Saat stock buku yang belum dibaca habis? Waktunya mengulang-ulang READ ALOUD buku lawas.

*Nabi Yusya dan Matahari yang Tertahan: tahu Nabi Yusya??? Sepertinya saya perlu lebih banyak membaca agar tidak kudet dengan kisah para nabi. Apapun tantangannya, ketika Allah sudah berkehendak maka "kun fayakun" menunda matahari yang hendak terbenam hingga pasukan Nabi Yusya dapat menakhlukkan Baitul Maqdis.
*Adab Lebaran ala Rasulullah saw. : Nah, Idul Fitri sudah di depan mata. Buku ini tentang sunnah-sunnah di hari raya: mandi, memakai pakaian terbaik yang dimiliki, makan pagi sebelum sholat, memilih jalan yang berbeda saat berangkat-pulang sholat Ied, bertakbir, dst. Kok jadi sedih ya, bakal LDR lagi dengan Ramadhan.. Hiks 😢

Di hari ke 11, kami memutuskan menempel 1 bunga di setiap 5 daun di pohon literasi. 22 buku=22 daun=4 bunga. Lalu kapan berbuah?? Sepertinya 5 bunga cukup untuk 1 buah, tapi nanti.. Saat tantangan level 5 berakhir.

Apa kabar pohon literasi ayah-bunda??? Akhirnya khatam membaca HIAIP, meskipun berkali-kali nulis nomor halaman hingga akhirnya sampai di lembar terakhir. Anggap lah 3 daun lain bonus, karena yang bunda baca adalah materi kulwap di RBI. 😉 Itu juga dihitung membaca, bahkan butuh fokus lebih sambil membuat mindmap untuk mengunyah materinya.

Tantangan baru di esok hari, saat perjalanan mudik apakah tetap bisa suka "membaca"???
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian