Langsung ke konten utama

TANTANGAN 5.14

Tantangan 5.14
Diawinasis M. Sesanti©
Jkt, 21 Juni 2017

Sejak pagi sudah beraktivitas di taman dekat rumah nenek, tapi perpustakaan belum buka. Jadi lah family forum kami lebih banyak main di ruang terbuka, "membaca" alam sekitar. Main engklek bareng (ayah-bunda-Farza) yang ternyata cukup menguras energi bagi orang dewasa. MAIN Game itu ternyata bukan menyenangkan karena mudah, justru karena ada sisi sulit yang harus ditakhlukkan. Mengumpulkan biji bunga "pletekan" di kebon ujung jalan dan mencelupkan nya di air untuk mendapat "petasan" alami.

Lalu buku apa yang dibaca hari ini?
READ ALOUD pengantar tidur menggunakan ebook. Kali ini Farza yang memilih sendiri cerita yang ingin dibacakan:
🍀Kisah Imam Ahmad dan Penjual Roti: tentang dahsyat ya amalan sederhana yang mampu membuat Allah SWT mewujudkan semua doa sang tukang roti termasuk untuk dapat bertemu Imam Ahmad.
🍀Ikan Nabi Yunus: kisah tentang Nabi Yunus yang dimakan ikan paus namun atas kehendaki Allah diselamatkan dan kembali ke kaumnya.

Saking serunya membaca buku sebelum tidur ini, yang lebih dulu tertidur malah yang membacakan buku. Si kecil masih terus asik membuka-buka ebook dari www.muslimkecil.com sambil "membaca sendiri" dengan gayanya. Maka ayah pun tertawa saat mendapati Farza mendongeng untuk bunda. 😂

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian