Langsung ke konten utama

TANTANGAN 11.3 Fitrah Seksualitas & Fitrah Individualitas

Tantangan 11.3
Diawinasis M Sesanti
Mlg, 07 Januari 2018

Bismillahirrahmanirrahiim
Semakin hari, semakin banyak ilmu baru lewat "learning by teaching" dari tiap kelompok. Kemarin dari kelompok 2 yang menyajikan hidangan istimewa. Masih di materi 11 kelas bunsay tentang membangkitkan fitrah seksualitas.

"Setiap anak adalah unik dan istimewa."

Seolah diingatkan lagi, bahwa setiap anak akan melewati cara yang beragam dalam melewati tiap tahapan fitrah seksualitasnya. Maka mendampingi ananda di tahap pra latih 3-6 tahun ini, kami berusaha membangkitkan fitrah seksualitas ananda bersanding dengan menyemai fitrah individualnya (masa egosentris) agar dapat tumbuh paripurna. Dimulai dari hal sederhana, bagaimana orangtua bersedia untuk memberi ruang atas pilihan-pilihan yang dibuat ananda sendiri. Tentu saja, penting sekali mendukung ananda percaya diri untuk mengatakan "Aku Perempuan", sekaligus memupuk konsepsi berperilaku sebagai perempuan.

Misalnya saat memilih dan memakai pakaian sendiri, tentu kami orangtua memberi fasilitas pakaian yang sesuai dengan gender ananda yaitu perempuan. Bagaimana memilih baju saat di rumah, lebih longgar dan boleh memakai lengan pendek. Namun saat pergi keluar rumah diberi pilihan baju panjang yang lebih tertutup. Meskipun ananda perempuan, kami bersepakat belum mewajibkan memakai jilbab karena masih di tahap pra latih. Sehingga saat ananda memilih "pakai jaket aja", atau "pakai helm aja.. Nggak pakai kerudung", kami masih ijinkan. Dan tentu saja kami mendukung ketika di lain kesempatan ananda memilih sendiri kerudung di laci dan memakainya.

Masih menjadi PR bagi kami, orangtua untuk terus bertumbuh mendampingi ananda. Semoga Allah kuatkan, mengantar anak-anak menjadi generasi akil baligh dan menjemput peran hidupnya kelak.

#Tantangan10Hari
#Level11
#KuliahBunsayIIP
#MembangkitkanFitrahSeksualitasAnak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian