Langsung ke konten utama

GPA Day 51-60

Tugas Day 52-60

Diawinasis M Sesanti
Mlg, April 2018

Tugas 1.
Silahkan identifikasi diri dari 15 bakat panca indera tersebut mana yg 'gue banget'(jika tidak ada silahkan dikosongkan)
❤ Seni lukis

Tugas2.
Silahkan tmn2 buka BPA halaman 211-216, identifikasi 6bakat dominan diri yg 'gue banget'
❤ Caretaker : Merawat
❤ Communicator : Mengkomunikasikan
❤ Creator : Mencipta
❤ Educator : Mendidik
❤ Journalist : Menulis
❤ Server : Melayani

Tugas 3.
Tingkatkan jam terbang bakat diri dengan membuat 'ruang aktualisasi' dengan objek keluarga atas bakat dominan diri yg telah diindentifikasi pada tugas 1 dan 2.
Contoh: Creator
Ruang aktualisasi yang diciptakan dalam keluarga: dengan menjadi penggagas proyek2 yang dilaksanakan di dalam keluarga
❤ Caretaker : Merawat
-Berkaitan dengan peran domestik sebagai ibu saat ini yaitu mendidik anak. Proses engage-observe-watch-listen-write melatih saya untuk berempati dan memahami ananda.

❤ Communicator : Mengkomunikasikan
-Berkaitan dengan peran domestik, berkomunikasi produktif dengan anak dan suami. Menyampaikan ide-ide dan belajar bersama dalam family forum.
-Menyemai fitrah estetika dan bahasa ananda, menyempurnakan bahasa ibu.

❤ Creator : Mencipta
-Membuat DIY permainan dan sarana belajar ananda
-Membuat ide seru family project tiap bulan.

❤ Educator : Mendidik
-Membersamai ananda setiap hari (peran mendidik anak).

❤ Journalist : Menulis
-Menuliskan jurnal harian dan portofolio ananda.
-Produktif menulis catatan belajar di blog  griyawistara.blogspot.co.id

❤ Server : Melayani
-Berkaitan dengan tugas di ranah domestik, melayani anak dan suami sesuai porsi yang dibutuhkan.

Tugas 4.
❤Kartu Nama Ayah dan Bunda

Tugas 5.
Tak ada teori yang dapat menggantikan -asyiknya merasa langsung- dengan berbagai indra, maka saat ini :
Silahkan buat list minimal 10 tempat dimana anak-anak bisa magang (fieldtrip) dengan lokasi di daerah teman-teman masing-masing😊
Kita coba list (kita buat rancangan saja dulu)
Biarpun ananda masih 5tahun atau bahkan 2 tahun. Tempat2 dimana ia bisa mencoba langsung hal2 yg tdk didapat di sekolah
Contoh:
💕Radio Daerah
💕Toko Kue yang produksi kuenya juga di tempat tsb
Dsb
*Tiap daerah bs berbeda
Silahkan ditulis tempat2 yg bs teman2 jangkau
Nanti catatan tsb bisa disimpan dulu hingga usia ananda mencapai usia fieldftrip

❤ Abang Sayur : Pertanian organik dan pemasarannya
❤ DK Wardhani : Ilustrator dan penulis buku anak
❤ Bonina : Produsen kue homemade
❤ Rumah Sakit : RSSA
❤ Kantor Polisi
❤ Pemadam Kebakaran Kota Malang
❤ Botia Hijab : Produsen jilbab dan gamis
❤ Perpustakaan Kota Malang
❤ Museum Brawijaya
❤ Radio RRI Malang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian