Langsung ke konten utama

PROSES #RBI2

PROSES

Malang, 30 Mei 2017
D. M. Sesanti &  Farzana (2y10m)

Alhamdulillah 3 hari ini ada banyak makna yang bisa diikat ketika membersamai ananda, salah satunya tentang "proses". Tidak ada hasil yang tiba-tiba muncul, ada proses yang harus dilalui dengan sabar entah sebentar atau lama.

B:Bunda, F:Farza
B: Bunda sholat dulu ya, Farza ikut?
F: Nggak.. Farza sini aja.. (sambil main di samping bunda)
Beberapa waktu sholat berlalu, alhamdulillah tidak mengganggu saat bunda sholat. Tiba-tiba ananda mendahului bunda saat akan wudhu setelah adzan Maghrib.
F: Farza wudhu dulu ya.. Nanti gantian.
B: Oke.
Lalu ananda mengambil mukena kecilnya dan memakainya. Setelah itu ananda berdiri di samping bunda, lalu sholat 2 rakaat dengan surat alfatihah di rakaat pertama dan surat annas di rakaat kedua. Belum sempurna memang, tapi sudah cukup untuk membuatnya "senang" di suasana ibadah.

Proses yang perlu dilewati dengan terus optimis, dari yang ditolak saat mengajak ananda ikut sholat, mau menunggu di sebelah sambil main, sibuk lari-lari hingga naik punggung saat bunda sujud, hingga mau wudhu, mau mengikuti sholat serta memakai mukanya. Dan proses ini masih panjang, ketika ananda masuk usia latih, pra latih, hingga akil baligh nantinya.

Begitu juga pada aktivitas yang lain: membaca buku, membaca Al-Quran, menggambar, dalam hal toilet training, memakai baju sendiri, dst. Proses membersamai tumbuh kembang ananda ini akan terus berlanjut, maka kami pun harus siap untuk terus belajar juga memperbaiki diri.

Akhirnya dapat membuktikan: anak-anak bisa salah mendengar, tapi mereka tidak akan salah menirukan. Maka PR besar bagi orangtua untuk menjaga lisan, menjaga perbuatan, serta meminta banyak-banyak pada Allah untuk dapat mendidik anak-anak dengan benar.

Tak usah terburu-buru memaksakan sesuatu, menjejalkan ini itu agar anak segera bisa. Dan tentu dibutuhkan rasa relaks namun tetap optimis melewati prosesnya agar fitrah ananda tetap terjaga.

#DiawinasisMawiSesanti
#Post2
#RuangBerkaryaIbu #IIPMALANGRAYAJATSELA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian