Langsung ke konten utama

RESTART #RBI1


Alhamdulillah, memulai lagi yang pernah dituliskan dalam roadmap menuju finish line. Kilometer 0-1, masih di seputar tema "how to educate children". Mengikat makna dari aktivitas membersamai tumbuh kembang ananda.

Awal bulan baik ini, Ramadhan 1438 H ada banyak hal yang istimewa yang kami lakukan bersama Farzana (2y10m), diantaranya:
*Membuat Ramadhan Flap Book
*Membaca Buku Tentang Ramadhan
Namun lebih mudah ketika mengajaknya "bersenang-senang" menikmati suasana ibadah bersama. Dimulai dari tarawih semalam, ayah jemaah di masjid sedangkan bunda dan ananda di rumah karena ada yang bilang "Farza ngantuk", tapi ternyata masih kuat melek nemenin bunda sholat isya-tarawih-sampai tilawah. Tanpa rewel tanpa mengganggu, saya rasa ini prestasi bagi anak seusianya. #fitrahkeimanan

Setelah itu ikut "membantu" #melipatbaju sendiri, menemani bunda yang melipat baju lebih besar. Tak lama ananda sudah tertidur pulas. #fitrahbelajar #kemandirian

Pagi ini ananda baru bangun saat ayah bunda selesai sahur. Saat adzan subuh baru keluar kamar meminta minum dan makan kurma. Biasanya ada yang manja-manja saat bangun tidur, tapi kali ini ananda keluar kamar sendiri lalu menemani bunda tilawah&sholat subuh.

Saat bangun tidur, biasanya mencari ayahnya. Iseng bunda bertanya, "Ayah kemana?"
"Ayah kerja.. Di kantor.. "
Rupanya dikira ayah sudah berangkat kerja, padahal ayah pergi ke masjid. Lalu bunda beritahu kalau ayah sholat subuh di masjid.

Setelah itu ananda meminta kertas saat bunda mau menulis di jurnalnya. Muncul lah gambar babi besar, babi kecil. Sepertinya ini hasil mengamati boneka dari budhe Kiki (teman kantor ayah). Ada juga ikan, kura-kura, ubur-ubur, dan ikan pari. Kalau yang ini hasil "mantai" kemarin sepertinya. Bunda lalu diminta menggambar sekop besar dan kecil, untuk main pasir katanya. "Yang besar buat bunda, yang kecil Farza". #fitrahbelajar

Saat ayah pulang, Farza semangat menunjukkan hasil gambarnya tadi. Ditambah segepok gambar lain yang sebelumnya bunda kumpulkan. Seperti seorang "pro" yang presentasi di depan audience, dibukanya satu per satu sambil menyebut nama gambar serta cerita di baliknya. #fitrahbakat

Suasana mendung dan adem-nya Malang tetap membuat SEMANGAT.  Kami pergi ke taman, sudah pasti ananda berbinar saat bisa berlarian di tempat yang luas. Mengamati beragam bentuk daun, pohon, menggambar di tanah, dan mengendap-endap mengamati burung. #fitrahfisikdanindera #fitrahbelajar

Memulai dengan hal sederhana, mengikat makna di baliknya.

#DiawinasisMawiSesanti #Post1 #RuangBerkaryaIbu #IIPMALANGRAYAJATSELA

Malang, 27 Mei 2017
D. M. Sesanti

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian