Langsung ke konten utama

Day 25: Berdamai dengan Keterbatasan

Tgk, 08 Maret 2018
Diawinasis M Sesanti

Bismillahirrahmanirrahiim,

Bagi saya yang result oriented, mematuhi jadwal memang cukup menjadi tantangan. Terutama dengan tantangan mematuhi gadget time yang ditetapkan agar bisa benar-benar fokus membersamai ananda. Alhamdulillah saat mudik seperti ini mengharuskan saya untuk "diet sinyal", sehingga lebih mudah untuk tidak berdekatan dengan gadget dan fokus dengan jadwal. Selain itu, karena bunda yang sedang hamil, kadang tiba-tiba butuh istirahat. Hal ini membuat bunda harus berdamai dengan jadwal.

Alhamdulillah untuk pencatatan portofolio masih terus dilakukan. Dengan mencatat poin-poin kegiatan dan aspek fitrah yang muncul di sana. Dengan ditambah ilustrasi gambar, ananda terlihat excited dan ikut menemani sambil bertanya ini itu tentang apa yang dilakukannya.

***
Evaluasi 07/03/18
05.30-06.30 : Ananda ikut jalan-jalan pagi bersama bunda sesuai yang dijadwalkan. ✅

07.00-08.00 : Main air sebentar, ananda memilih main mobil-mobilan. Main tanah kotor-kotoran dilakukannya sore hari sambil menemani bunda mencabut rumput di halaman. ✅

08.30-09.30 : Bersiap-siap mau menengok bayi, tapi karena hujan jadi menunggu reda. Sore harinya baru pergi menemani Uti dan Bunda. ✅

18.00-19.00 : Ananda meminta membaca surat-surat pendek bersama bunda dan membaca buku. Karena bunda cukup lelah, dilanjutkan bersama Uti. ✅
***

#GriyaWistara
#08Maret2018
#Malang
#3y7m
#KelasPortofolioAnakbyGPA
#GriyaPortofolioAnak
#MengikatMaknaSepenuhCinta
#PekaAkanUnikAnak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian