Langsung ke konten utama

DoodleArt dan Kreativitas

kre·a·ti·vi·tas /kréativitas/ n 1 kemampuan untuk mencipta; daya cipta; 2 perihal berkreasi; kekreatifan

Setiap manusia sudah "dari sananya" terlahir kreatif. Hanya saja tidak selamanya lingkungan sekitar kita berlaku ramah dengan kreativitas kita. Berapa kali dipandang sebelah mata dengan bidang yang kita sukai? Seringkali hal ini mempengaruhi semangat diri untuk mendekati pena dan terus produktif menghasilkan karya.

Bagaimana caranya bagi para Doodler menjadi kreatif kembali?

Saat orang lain umumnya pergi ke timur, cobalah ke arah barat, selatan atau utara. Antimainstream kadang diperlukan di ranah yang memang dibolehkan untuk bereksplorasi. Gunakan panduan "semua boleh, kecuali yang tidak boleh". Jika umumnya DoodleArt dibuat dari sketsa, ditebalkan dengan pena, baru diberi pemanis warna. Bagaimana jika dimulai dari warna terlebih dahulu?

Jangan mudah percaya dengan cara orang lain, cobalah menemukan jalan yang "gue banget". Doodler artist biasanya mengunggah tutorial membuat doodle, boleh saja sebagai referensi. Tapi prinsip ATM (amati-tiru-modifikasi) sangat bisa diterapkan. Percayalah bahwa setiap kita adalah unik.

Ikat ide yang terlintas di kepala. Jangan biarkan ide datang dan pergi begitu saja tanpa eksekusi. Bisa gunakan buku catatan, note di HP, atau apa saja yang nyaman bagi kita. Bisa juga menyiapkan jurnal belajar yang memang diperuntukkan untuk memudahkan kita berkarya.

Apakah kita takut gagal? Coba ingat lagi bagaimana proses bayi lahir hingga bisa belajar berjalan. Berapa kali ia gagal berguling? Gagal duduk? Gagal berdiri? Bahkan berkali-kali jatuh sebelum langkah pertamanya terayun. Bolehlah sekali waktu karya kita ditolak mengikuti event, desain klien yang tak kunjung sepaham dengan kita, tidak mampu menyelesaikan project sesuai dateline, dsb. Mari kita hargai kegagalan yang pernah kita alami. Sebenarnya kita sedang bereksplorasi, belanja pengalaman untuk menemukan jalan yang paling ideal bagi kita.

Kehabisan ide? Cobalah berjalan-jalan keluar rumah. Cobalah aktivitas baru, keluar dari rutinitas. Bisa jadi inspirasi akan menyapa kita dengan mudah, bahkan sering "banjir" inspirasi.

Merasa nyaman dengan zona yang kita pilih kadang melenakan. Sekali waktu tantang diri untuk melakukan hal yang tidak biasa kita lakukan. Jika biasanya tema floral yang menjadi favorit, tantangan membuat tema karakter pasti cukup menarik.

Kreativitas adalah ruh bagi setiap DoodleArtist. Tanpanya, karya ibarat sayur tanpa garam. Sudah siap kembali menyemai fitrah kreatif dalam diri?

Referensi: Camilan Rabu 9.3 Kelas Bunda Sayang

Diawinasis M Sesanti
Mlg, 20 Maret 2018

#Kreativitas
#ChallengeMingguan
#RumbelMenulis
#IPMalangRayaJatimsel

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian