Langsung ke konten utama

HE Griya Wistara: Happy Weekend

Bismillahirrahmanirrahiim,

Hari ahad tetap semangat! Kita berkegiatan bareng di rumah. Kakak senam pagi, sholat dhuha & mengaji. Oiya, kita sempat nonton TVRI sebentar, tapi kakak protes karena acaranya semacam dokumenter (sejarah) sehingga kurang menarik baginya. "Kenapa sih kita harus nonton TVRI?"



Akhirnya kakak memilih menonton film Rio 2, tentang burung biru di hutan amerika selatan. Wah, kita jadi ingat dongeng bnpb waktu itu, saat menonton adegan penebangan hutan. "Bisa bikin tanah longsor ya?" kata kakak. #connectedness #context

Oiya, ada salah satu buku ensiklopedia tentang burung yang sedang dibaca adik (melihat-lihat gambar di buku) kemudian bertanya: "ini apa?" jika adik tahu, maka akan dijawab sendiri. Tetapi saat tidak tahu, adik akan bertanya terus pada orang dewasa di sekitarnya. #learner 

"Bunda, ini kaya yang di film itu lho..." saat melihat burung rangkong di buku. Salah satu tokoh teman Rio memang burung rangkong yang berparuh kopong.


Sore ini ayah membelikan es krim untuk kakak & adik, alhamdulillah adik yang baru bangun langsung semangat makan bareng kakak. Kakak minta bantuan bunda untuk membukakan es krim adik. #belief #includer

Bunda menemukan foto lama di FB, saat ditanyakan ke adik siapa saja yang ada di foto, "Ayah .. Bunda.. ADIK!".
"Itu kakak, mirip adik ya masih kecil?"

Satu lagi yang lucu saat adik mencari suatu barang, meniru bunda dijadikkan lagu telur dadar dengan mengganti lirik sesuai benda yang dicari. "Sisir.. Kamu dimana sisir.. Aku mencari mu..." #ideation

Griya Wistara
Mlg, 19-04-2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian