Langsung ke konten utama

HE Griya Wistara: Kebersihan

Bismillahirrahmanirrahiim.

Masih belajar di rumah, masih seseruan bareng. Konon katanya hari ini tanggal merah, tapi kami tetap beraktivitas seperti biasa.

Mengaji Ummi jilid 4 hal 10 dan hafalan Al-Lail 1-10 bareng ayah.

Senam pagi bareng: Senam Sehat Ceria. Kakak sudah nyaris hafal semua gerakannya lho. Adik juga mulai meniru, favoritnya yang kupu-kupu (pendinginan). Protes saat diganti lagu gerakan kelinci atau bebek, "ukan ntu!" (bukan itu).



Asik-asik hari ini menggambar dengan tema kebersihan. Dan kakak memilih membuat gambar alat-alat kebersihan. Bunda yang membuat contoh, kemudian kakak menirukan. Saat membuat semprotan, bunda tidak menggambar selang. Kakak menambahkan selan pada gambarnya, "Kalau nggak ada ini ntar ga bisa buat nyemprot," katanya.
#ideation #maximizer
Oiya, kakak sempat nonton video mobil truck bareng ayah. Ternyata ada supir truck profesional yang bisa mengendarai truck besar dengan medan yang sulit/sempit tetapi bisa melaju dengan baik. Jadi ingat Pakpuh Sur yang juga ahli menyetir mobil-mobil besar di pertambangan Batubara di Kaltim.

#learner #videoprofesi #kayawawasan #input

Sore ini ada mobil ambulance yang datang ke dekat rumah. Kemarin sempat kenalan dengan mobil ini, kali ini melihat langsung. Kakak ikut penasaran (sama seperti ayah-bunda yang deg-degan) ternyata petugas memakai APD mau melakukan penyemprotan di lingkungan sini. "Kaya semprotannya kakung uti." kata kakak saat bercerita di video call dengan uti.

#connectedness

Mlg, 25-03-2020
Griya Wistara

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian