Langsung ke konten utama

HE Wistara1: Latihan Menulis dan Serunya Mendongeng

Bismillahirrahmanirrahim...

Alhamdulillah di hari Jumat yang barokah, kakak belajar di rumah bareng Bunda dan Adik.

Terimakasih sudah bangun pagi, jamaah subuh, mengaji Ummi jilid 4 halaman 5, juga melanjutkan hafalan Al-Lail 1-5.

Mumpung masih pagi, kita olahraga berjemur di balkon utara. Stretching sebentar, lalu membuat track untuk latihan merangkak, lari zig-zag, dan melompat halang rintang.

Setelah sarapan dan mandi pagi, kita sholat dhuha lalu membaca Asmaul Husna yang ada di mushaf besar.



Wah, kali ini diminta menulis angka 11-13 di buku PR. Alhamdulillah kakak bisa menyelesaikan dengan baik. Hadiahnya ada vitamin bentuk huruf untul kakak dan adik.


Setelah selesai dengan tugas dari sekolah, kita asik-asik bebas. Kali ini kita mendongeng memakai buku pandu 45. Ada Ela si teguh hati yang suka menari. Kakak yang juga ikut talenta menari di sekolah kemudian mempraktekkan tarian yang pernah dipelajarinya, ada tari Rampak, tari Semut, tari Ikan, ada juga tari Manasai yang mulai lupa gerakannya. 


Saat membaca dongeng Emo-semut ramah, kakak meneliti teman-teman emo yang ternyata serangga. Wah, langsung dikeluarkan buku ensiklopedia serangga milik kakak lalu disebutkan nama-namanya: kumbang rusa, cangcorang, kecoak, nyamuk, kepik, dst. #connectedness

Ada lagi tokoh Saga yang tegas dan cepat membuat keputusan untuk teman-temannya yang berebut sesuatu. Kakak menganalogikan Saga seperti dirinya yang menjadi pemimpin pasukan saat upacara bendera. 

Terakhir lewat buku dongeng Kika, si kupu-kupu maximizer. Kakak bisa menemukan komposisi gambar sempurna menurut tokoh Kika. 

Insya Allah jumpa lagi di seru-seruan Selanjutnya.

Mlg, 20-03-2020.
Griya Wistara




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian