Langsung ke konten utama

Alir Rasa Tahap Ulat-ulat

Alhamdulillah...

Terimakasih untuk pengalaman luar biasa, belajar di Intitut Ibu Profesional. Kali ini saya ingin memberi apresiasi untuk diri sendiri karena sudah berhasil melewati 8 pekan yang istimewa di kelas Ulat-ulat.

Pekan 1 Serunya pekan pertama, mencari makan secara konvensional. Cari sendiri sesuka hati mau makan apa, dengan cara kita mau. Kemudian membagikannya kepada orang lain dalam bentuk tulisan review singkat.

Pekan 2  Sharing dalam bentuk suara dan cahaya. Apa yang dibagikan lebih bermakna karena sesuatu yang sudah dilakukan, bukan sekedar apa yang kita tahu.

Pekan 3 Saatnya berkolaborasi, mencari teman-teman yang memiliki topik belajar yang sama dan bergabung menjadi keluarga. Berlomba saling berbagi apa yang telah dimiliki, bingah sesarengan.

Pekan 4 Semakin kaya lewat belajar bersama. Banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dari keluarga Talents Mapping.

Pekan 5 Mencari teman baru yang belum pernah dikenal sama sekali. Belajar berjejaring tak hanya berkumpul dengan teman se-regional, teman se-topik belajar, tetapi membuka hati untuk mengenal teman lain. Apakah sudah menemukan menu makanan? Apakah sudah cukup makan? Sambil ikut bergabung dengan keluarga KePeDesan yang bahagia.

Pekan 6 Bertukar hadiah ini menjadi momen bahagia sekali. Kita memberi sekian, orang lain memberi lebih banyak dan beragam.

Pekan 7 Refleksi, saatnya memungut isi keranjang dan mengelompokkan hasil belanja ilmu dan gagasan selama ini.

Pekan 8 Mencari Buddy, bertukar alir rasa dan saling mendukung untuk melewati tahapan berikutnya.

Level Bunda Cekatan

Para penikmat game pasti familiar dengan  tantangan agar bisa naik dan membuka level berikutnya. Inilah kenapa saya lama uninstall game di HP, karena main game di kelas Bunda Cekatan lebih seru dan bahagia.

"Apa yang akan saya makan?"

🍇🍉🍊🍌🍎🍓🥝🥑

Pertanyaan ini seharusnya sudah terjawab di level telur-telur. Saat masuk tahap ulat-ulat, saatnya memasuki hutan pengetahuan. Ada apa saja di sana? Segala rupa-rupa menu bisa kita nikmati. Banyak ilmu menarik yang menggoda, dan kita bebas untuk belajar apa saja. Di sini yang perlu dipegang kuat-kuat: peta belajar dan mantra "menarik tapi tidak tertarik". Meskipun pasti ada keinginan untuk ngemil di luar kebutuhan (peta belajar). Saat godaan begitu kuat, membuka telur hijau-merah-orange cukup mengingatkan kita strong why memilih peta belajar yang telah dibuat.

"Bagaimana cara kita mendapatkan makanan?"

Kita bebas mencari sendiri, diskusi bersama teman, mencari guru, dst. #siapa

Kita bisa belajar sambil duduk anteng sendiri baca buku, bareng temen diskusi, ngicip potluck ilmu dari teman, ikut kursus, ikut seminar/workshop, ikut kelas khusus, belajar lewat coretan, video, go live, atau apapun itu. #dimana

Kita juga boleh memilih waktu belajar, apakah secara langsung menyimak live materi, apakah siaran tunda menunggu kuota malam, apakah cara cepat atau perlu waktu diendapkan, sesuai dengan kemampuan masing-masing. #kapan

Banyak cara tersaji, dan kita bebas menentukan mana yang paling gue banget! Sesuai dengan tag-line Bunda Cekatan: Belajar merdeka, merdeka belajar.

Banyak kesempatan belajar yang ada di depan mata, sempat menyesal kenapa tidak mencoba masuk ke setiap keluarga lalu belajar lebih banyak hal minimal keluarga yang ada di setiap topik di peta belajar. Namun kembali, sadar diri dengan kemampuan belajar dengan waktu sekian apakah efektif mempelajari begitu banyak ilmu? "Butuh atau hanya sekedar ingin, takut nggak update (FOMO)?"

Potluck

Ternyata dengan berbagi, kita justru mendapatkan lebih banyak. Bukan malah kekurangan. Level membawa potluck adalah hal yang paling membekas untuk saya pribadi:

1. Buat makanan kesukaanmu, jika tak ada teman yang mau makan maka kita sendiri yang habiskan.
2. Bawa makanan kesukaanmu, berkumpul dengan teman se-selera kemudian nikmati bersama.
3. Bawa makanan kesukaan temanmu, buat atau beli kemudian berikan dengan hati.

Terimakasih IIP, memfasilitasi kami mencicipi beragam cara belajar. Berikutnya insya Allah kami akan melewati tahap kepompong yang masih menjadi misteri, kejutan apalagi yang akan kami terima? Bismillah, semoga Allah SWT beri kemudahan... Dan jangan lupa BAHAGIA!

Diawinasis M Sesanti
IP Malang Raya
3119331323

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian