Langsung ke konten utama

TANTANGAN 3.9: RAINBOW ON MY WINDOW

Diawinasis M. S
31 Maret 2017
TANTANGAN 10 HARI 3.9

Mulai galau dengan pak kapten yang lembur terus. Eh tapi protes juga tidak mengubah apapun. Jadi tetap lakukan aktivitas harian bareng Farza (2y8m) tapi disulap jadi projek. Peran ayah?? Motivator dan supervisor saat bunda mulai lelah.

Sore-sore hujan tipis-tipis, mulai stuck dg projek. Masih semangat dg tempel-menempel, ananda minta aktivitas ini lagi. Maka dibuat sedikit berbeda, sambil menikmati rintik hujan di jendela.

"Rainbow on My Window"
Alat&bahan: kertas, gunting, isolasi, krayon
SDM: Bunda&Farza
Waktu: 31-03-17

Awalnya kami asyik "kruntelan" di atas kasur. Kemudian saat mulai hujan,  kami berdoa bersama, "Allahumma shoyyiban naafian". Dan muncul ide menghiasi jendela kosong kami.

Kertas-lipat-gunting2-tempel dengan isolasi---taraa: snowflake, awan, pelangi, hujan, bunga.

Ananda semangat sekali saat membuka lipatan dan menempel di jendela. Obrolan sederhana tentang hujan, "siapa yang menciptakan hujan?" dengan semangat ananda jawab "Allah.. Alhamdulillah." Lalu kami menyanyi "hujan rintik-rintik", "halo-halo pelangi", dan berakhir dengan buang sampah bersama ke tempat sampah.

Yang sudah oke:
-Latihan komprod
-Latihan kemandirian: membuang sampah
-Stimulasi IQ: bahasa, natural, kinestetik
-Stimulasi SQ: ciptaan Allah
-Stimulasi EQ: mengenali emosi--ekspresi tersenyum di gambar awan "awannya bahagiaa"

What next:
Semoga bisa melakukan projek fullteam

#TantanganHari9
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian