Langsung ke konten utama

ALIRAN RASA MATERI 2

*Aliran Rasa : Melatih Kemandirian*

Diawinasis M. S.
Malang, 15 Maret 2017

Tantangan kedua di kelas Bunda Sayang ini membutuhkan effort lebih. List yang dibuat akan berhasil dilatihkan jika orangtua konsisten menjalankannya.

Misalnya saya memilih melatih ananda "merapikan mainan". Baru muncul kebiasaan ini saat orangtua mau membersamai, konsisten melakukan aturan setiap selesai bermain. Dan yang cukup "wow" adalah: saya sendiri harus "membereskan mainan" saya terlebih dulu. Selesai makan, saya harus membereskan piring. Selesai doodling saya harus meletakkan kertas pulpen dan seperangkat alat lain di tempatnya. Jika tidak, ananda akan berkomentar; "ini kok ditaruh sini.. ayo bun.. ditaruh tempatnya".  #makjleb

*Untuk mengubah orang lain/sesuatu, kitalah yang harus berubah lebih dulu.*

Kemandirian rupanya berkaitan erat dengan AQ. Tema yang tak lagi asing, tentang tingkatan AQ: para climber, camper, dan quitter. Jadi nostalgia dengan judul skripsi yang pernah saya tulis. Meskipun saya sadar, skor AQ saya mungkin di level climber-quitter, namun melatih kemandirian pada ananda ini adalah cara saya melatih kemandirian diri sendiri.

*Raise your child, raise your selves*

Bersiap untuk tantangan berikutnya. Semoga terus istiqomah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian