Langsung ke konten utama

TANTANGAN 2.10: DIMANAPUN KAPANPUN

Diawinasis M.S.
Malang, 04 Maret 2017

Hari ini ananda melakukan aktivitas di luar rumah. Maka kegiatan melatih kemandirian ini disesuaikan dengan kegiatan ananda. Apapun dan dimanapun latihan ini dapat dilakukan

JURNAL KEMANDIRIAN 10

Malang, 03 Maret 2017
Farzana A.W/2y7m/Pr
Fasilitator: Bunda
Dokumentasi: Bunda

Sambil menunggu ayah sholat Jum'at, Farza dan Bunda bermain di alun-alun. Ananda awalnya berjalan-jalan di rumput, lalu mengendap-endap sebelum mengejar merpati yang turun ke tanah.

"Bun, ini dilepas". Rupanya ananda ingin melepas sandal saat berjalan-jalan di rumput. Ananda sudah biasa menyampaikan keinginan secara verbal.

Ananda lalu melepas sendiri sandalnya, saat ingin bermain di playground pun ananda mengambil dan memakai sandalnya sendiri.

Malang, 04 Maret 2017
Farzana A.W/2y7m/Pr
Fasilitator: Ayah
Dokumentasi: Ayah&Bunda

Hari ini Ayah ada jam tambahan di kantor, sementara Bunda ada acara persiapan JCC. Setelah siap-siap, ananda diminta untuk memilih ikut ayah atay bunda. Saat berangkat dari rumah, ananda bilang ikut bunda. Namun ketika sampai di Graha Tirta justru mau ikut ayah. Ditanya berulang, dan ternyata tetap mau ikut ayah. #fitrahindividual

Salah satu latihan kemandirian, mengutarakan keinginan ananda. Berlatih pergi tanpa bunda, sebenarnya sudah sering dilakukan bersama ayah. Namun kali ini ayah sambil mengajar.

Ananda asik menggambar di papan, menghapusnya, memilih warna, dst. Rupanya ini menjadi menarik karena biasanya mewarnai di rumah dan menggunakan media kertas. #fitrahbelajar #fitrahestetika

Whatnext: memupuk ananda mengutarakan keinginan dg bahasa verbal sekaligus melatih membuat keputusan


#Gamelevel2.10
#Level10
#KuliahBunSay
#MelatihKemandirian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian