Langsung ke konten utama

OBSERVE #RBI5

#DiawinasisMawiSesanti #Post5 #RuangBerkaryaIbu #IIPMALANGRAYAJATSELA

OBSERVE

Trenggalek, 08 Juni 2017
D. M. Sesanti &  Farzana (2y10m)

Alhamdulillah masih diberikan kesempatan membersamai ananda di 3 hari ini. Ada begitu banyak tingkah polah yang dilakukannya, dan saya pun menyadari bahwa ananda semakin bertumbuh.

Kini tak hanya mendengar, ananda pun mulai banyak mengungkapkan apa yang dipikirkan ya lewat verbal. Belajar pun tak terbatas bagi kami. Misalnya saat pagi hari, sinar matahari hangat menerobos jendela kamar tempat kami bermain. Ananda mengamati bayangan mainan mobil-mobilan, saat dipindahkan ke sisi yang tak ada sinarnya ternyata bayangan mobil-mobilan tadi menghilang. Dicoba satu per satu dengan mainan lain. Lalu pesawat mainannya ditaruh di tangan bunda, "pesawatnya hinggap di tangan bunda". #fitrahbelajar Ada lagi imajinasi ananda yang tak kalah heboh, koper & rafia persiapan mudik seolah menjadi mic+sound system. Ananda memegang ujung tali sambil  bergaya dan bernyanyi beberapa lagu favoritnya. #fitrahbelajar

Perjalanan mudik kali ini cukup berkesan bagi ananda. Sedari awal sangat bersemangat saat tahu akan ke rumah uti. Bahkan sudah siap memakai kaos kaki-sepatu sendiri sambil menunggu waktu berangkat (padahal 2 jam lagi). Sepanjang jalan sangat kooperatif, bahkan cenderung tenang dan mudah mengkomunikasikan apa yang diinginkannya (haus, lapar, panas, dsb).

Setelah sampai pun, banyak sekali hal-hal yang dapat dibuat bahan belajar. Baik di alam, maupun peng-alaman saat bersilaturahim dengan saudara maupun tetangga di desa kelahiran bunda. Ditambah suasana Ramadhan yang begitu mendukung menyemai fitrah keimanan, bersanding dengan fitrah belajar, individual-sosial, serta bakatnya.

Terimakasih sudah menjadi semangat bunda untuk terus memperbaiki diri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian