Langsung ke konten utama

TANTANGAN 5.4

Tantangan 5.4
Diawinasis M. Sesanti
Trenggalek, 11 Juni 2017

Kali ini Ananda memilih satu buku yang sudah sering didengarnya, kisah Umum Mahjan r.a. yang memang salah satu favoritnya. Jujur saja, referensi saya tentang kisah shahabiyah ini sangat terbatas. Jadi membaca narasi singkat untuk Farza ini sebenarnya saya sendiri juga belajar.

* Umum Mahjan r.a. Wanita yang Merawat Masjid : tentang seorang wanita yang beramal sesuai kesanggupannya, meskipun kecil namun membawa manfaat bagi umat.

* Doa Ibunda Syaikh Sudais : pesan yang begitu menancap sempurna untuk saya, apapun keadaannya senantiasa berpikir positif, berdoa yang terbaik untuk anak-anak.

Terbayang di kepala saya, betapa ibunda Syaikh Sudais ini tentu sudah mempraktekkan komunikasi produktif tingkat tinggi hingga dapat mengendalikan pilihan diksi hingga sedemikian rupa. Betapa tadzkiyatun nafs begitu penting dalam mendidik ananda.

* Hei Ini Aku: Ibu Profesional! (hal 50-70)
Ini judul buku yang legend di IIP, dan kisah di dalamnya pun memang begitu menginspirasi. Proses seorang ibu yang menganggap sebagai ibu itu hal yang mudah, semua wanita otomatis bisa. Lalu ketika langsung menjalani peran sebagai ibu, baru tersadar ada beragam tantangan yang tidak pernah diajarkan solusinya di bangku sekolah.

Pohon itu tumbuh dari satu tunas, bertambah lembaran daunnya satu per satu. Tak ada yang yang blm salabim, ada proses yang harus dilalui. Memilih pohon organik, bisa jadi butuh waktu lama untuk tumbuh besar, namun biasanya harapan hidupnya lebih lama.

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian