Langsung ke konten utama

TANTANGAN 5.7

Tantangan 5.7
Diawinasis M. Sesanti
Trenggalek, 14 Juni 2017

"Bun mau tempel daun.", kata Farza pagi-pagi bahkan mandi pun belum. Kali ini buku yang dipilih:
*Little Baby-Ayo Bilang Tolong: saat meminta bantuan, kata ajaib "Tolong" biasanya manjur sekali. Rasanya bukan seperti "disuruh-suruh", tapi seperti diminta dengan tulus untuk melakukan sesuatu. Saya sebagai orang dewasa saja "males" saat ada orang yang suka memerintah, apalagi anak-anak. Ananda tentu saja sangat tertarik dengan ilustrasi bukunya. Disebutkan beragam mainan yang ada di gambar, pesawat mainan, kereta mainan, mobil-mobilan, bola, dst. Alhamdulilah ananda sudah mulai bilang "tolong" saat dirasa butuh bantuan. Meskipun sesekali masih butuh diingatkan.
*Adab Bersin: Narasi singkat saat kita bersin, doa saat bersin-orang di sebelah-menjawab doa.
*Musim: Mengajarkan jenis-jenis musim, dan tentu saja Yang Maha Mengatur Musim di Bumi. Ini juga ada di buku "Mengenal Kebesaran Allah"-Pida Siswanti yang sampulnya sudah hilang. Oleh karena itu ananda bisa membandingkan dan menyamakan tentang musim di kedua buku tersebut.

Sementara bunda masih asyik dg *HIAIP sampai sub LENSA. Para senior di IIP yang sudah profesional di awal, semakin cemerlang saat bergabung dengan IIP. Tak hanya yang di Indonesia, bahkan yang di luar negeri pun demikian. Ditambah dengan apresiasi positif dari pihak "ayah/suami" terhadap sisi positif yang muncul saat ibu mengupgrade diri menjadi profesional.

Yang tak kalah seru, saat kami membaca surat-surat pendek bersama setelah tarawih. Aduhai cepat sekali Ramadhan berlalu, semoga masih diberikan kesempatan untuk memaksimalkan hari-hari akhir di Ramadhan tahun ini.

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian