Langsung ke konten utama

TANTANGAN 5.5

Tantangan 5.5
Diawinasis M. Sesanti
Trenggalek, 12 Juni 2017

#KemampuanMendengarkan tak hanya anak yang perlu dilatih, orangtua pun juga perlu banyak latihan. Lewat banyak ngobrol dengan orang sekitar, kasus yang sering ditemui adalah orangtua yang "bablas" bicara sementara rentang konsentrasi anak masih terbatas. Trik setelah berkali-kali kebablasan membacakan buku dengan suara keras (ready aloud), lebih baik tanyakan langsung ke anak: "Mau baca buku lagi atau sudah?", saat anak bilang mau, artinya lampu hijau. Saat anak sudah beralih posisi dan fokus, berarti jangan dipaksakan.

#CatetanEmak tidak usah terlalu bernafsu nambahi daun di pohon literasi jika tidak ada "ruh" dalam membaca buku.

#KemampuanBicara untuk buku-buku yang sudah sering dibacakan, biasanya ananda sudah hafal teksnya atau alur ceritanya. Dengan memancing anak, biasanya akan dilanjutkannya. Kesempatan emas agar anak bicara, juga mengasah kemampuan orangtua menyimak. Selain itu, beberapa hari ini ananda banyak bertemu dengan banyak orang. Terlihat ananda semakin berani berbicara, baik ngobrol maupun bernyanyi.

* Hari ini Ananda memilih buku "Little Bebi-Ayo Bilang Terima Kasih": cerita sederhana yang mengajarkan anak-anak untuk selalu berterimakasih saat menerima sesuatu, baik benda maupun bantuan.

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian