Langsung ke konten utama

NHW#6

DIAWINASIS MAWI SESANTI - NHW#6

*BELAJAR MENJADI  MANAJER KELUARGA HANDAL*

Bunda, sekarang saatnya kita masuk dalam tahap “belajar menjadi manajer keluarga yang handal.

Mengapa? karena hal ini akan mempermudah bunda untuk menemukan peran hidup kita dan semoga mempermudah bunda mendampingi anak-anak menemukan peran hidupnya.

Ada hal-hal yang kadang mengganggu proses kita menemukan peran hidup yaitu

*_RUTINITAS_*

Menjalankan pekerjaan rutin yang tidak selesai, membuat kita _Merasa Sibuk_sehingga kadang tidak ada waktu lagi untuk proses menemukan diri.

Maka ikutilah tahapan-tahapan sbb :

1⃣ Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting

3 PALING PENTING
-Membersamai pendidikan anak (peran sebaga ibu)
-Mengatur rumah tangga (domestik-sebagai istri)
-Amal yaumi (sebagai pribadi)

3 PALING TIDAK PENTING
-Ngobrol tanpa tujuan(online/offline)
-Medsos --tanpa batasan
-Browsing --tidak terkait dg jurusan ilmu

2⃣Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana?

Hal yang penting, tapi hal tidak penting seringkali menjadi distraksi sehingga tidak benar-benar fokus di hal yang penting.

3⃣Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras.

4⃣Kemudian kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time ( misal anda sudah menuliskan bahwa bersih-bersih rumah itu dari jam 05.00-06.00, maka patuhi waktu tersebut)

URUSAN DOMESTIK PAGI 04.30-07.30
AMAL YAUMI (5 waktu+dhuha) 30 menit di awal waktu sholat
Gadget time: pagi, Farza tidur siang, malam me time

5⃣Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian anda.

6⃣Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan. (Contoh kalau saya membuat jadwal rutin saya masukkan di subuh-jam 07.00 – jadwal dinamis ( memperbanyak jam terbang dari jam 7 pagi- 7 malam, setelah jam 7 malam kembali ke aktivitas rutin yang belum selesai, sehingga muncul program 7 to 7)

AKTIVITAS RUTIN PAGI 03.45-07.30
03.45-03.50 jemuran 5’
03.50-04.00 bersih diri 10’
04.00-04. 30 Ibadah subuh (qobliyah subuh:5' +subuh:10' +tilawah:15')
04.30-04.45 gadget time 15'
04.45-05.30 memasak air+sayur 45’
05.30-05.45 belanja 15’
05.45-06.15 memasak lauk+bersih2 rumah 30’
06.15-06.30 memandikan farza 15’
06.30-07.00sarapan 30’
07.00-07.30 cuci piring, bersih diri 30’
07.30-08.00 Ibadah dhuha: 10' + tilawah 20' (plus ngaji bareng farza)
08.00-09.30 aktivitas dinamis 1 (pilihan) 90’
-baca buku bunsay/mip/sekolah ibu/dst
-baca buku bareng Farza
-mewarnai
-menyanyi dg gerak
-DIY playing
-jalan2 di alam
-dst.
9.30-10.00 jam cemilan 30’
10.00-11.30 aktivitas dinamis 2 90’
11.30-12.00 Ibadah dhuhur: sholat dhuhur 10'+ tilawah 20'
12.00 makan siang 30’
12.30-14.30 aktivitas dinamis 3 120’
jam tidur siang farza-gadget, ngeblog, dst
14.30-15.00 Ibadah ashar: sholat ashar 10'+tilawah 20'
15.00-16.00 aktivitas dinamis 4+persiapan mandi farza 60’
16.00-17.00
angkat jemuran
bersih-bersih rumah
mandi sore
cuci baju
17.00-17.30 Makan sore 30’
MAGHRIB-ISYA FREE GADGET
17.30-18.00 Ibadah maghrib: sholat maghrib 10'+ba'diyah maghrib 5'+tilawah 15'
18.00-19.00 Aktivitas dinamis 5 60’
19.00-19.30 Ibadah isya: sholat isya 10'+witir 5'
19.30-22.00 Tidur 2.30’
22.00-00.00 Me time: doodling, baca, tafakur, Nhw, gadget time dsb. 120’
00.00-03.45 Tidur 3.45’

7⃣Amati selama satu minggu pertama, apakah terlaksana dengan baik?
kalau tidak segera revisi, kalau baik, lanjutkan sampai dengan 3 bulan.

_SELAMAT MENGERJAKAN_

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi IIP/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian