Langsung ke konten utama

Tantangan 8.14

TANTANGAN 8.14
Mlg, 27 September 2017
Diawinasis M. Sesanti & Farzana A.W. (3y2m)

Sore ini kami mengobrol selepas maghrib. Masih seputar rejeki bagi anak usia 3 tahun. Bercerita tentang tadi pagi, tiba-tiba mengekor ayah yang akan membeli galon air minum. "Farza ikut.. Tunggu ayah..". Kemudian saat pulang, matanya berbinar sambil membawa 2 coklat pasta. "Beli dua bun." Kata ayah, sedari berangkat ananda bilang "Mau beli galon, sama beli apa yaa??". Ananda memang belum bisa membeli sendiri, biasanya ananda akan bilang pada Ayah/Bunda apa yang diinginkannya.

Bunda pun memulai pembicaraan tentang membeli sesuatu, ananda mulai paham jika butuh uang untuk bisa bertransaksi. Nah, jawaban nano-nano pun muncul ketika ditanya asal uang. "Dari dompet bunda", "dari dikasih Kakung buat beli kaos Tayo", "Dari uang ayah". Baru setelah itu mulai masuk konsep rejeki, semua dari Allah. Allah memberi lewat beragam jalan, salah satunya dari gaji ayah bekerja.
#konsepRejeki

Sepertinya si Tayo sudah di jalan nih, semoga yang berminat kemarin sabar menunggu ya. Wah, satu lagi tawaran menjemput rejeki yang sayang dilewatkan. Menjadi agen buku #CPWU dimana saya menjadi bagian kontributor di dalamnya tentunya ditambah dengan 26 ibu lain. Hari ini last day.. Tak sabar menebar manfaat lewat lahirnya buku ini. 📚

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian