Langsung ke konten utama

TANTANGAN 8.13

TANTANGAN 8.13
Mlg, 26 September 2017
Diawinasis M. Sesanti & Farzana A.W. (3y2m)

"Allah yang menciptakan, menghidupkan, mengatur REJEKI, serta mematikan kita." Bertemu dengan surat cinta yang menegaskan bahwa memang rejeki itu sudah pasti, ada yang mengatur dan tinggal kita mau atau tidak mengikuti aturanNya. Sekali lagi, menjadi pengingat diri yang lebih banyak lupanya.

Karena sekarang statusnya bukan lagi single, maka rejeki itu milik serumah. Kami tidak tahu apakah yang banyak itu untuk ayah, untuk bunda, atau sebenarnya semuanya milik ananda. Maka belajar memenuhi kebutuhan setiap anggota keluarga menjadi prioritas. Berikutnya baru sebagian keinginan yang masih bisa dipenuhi dapat dipakai sebagai latihan untuk bersabar, tidak semua bisa serta merta terwujud. Misalnya ananda yang meminta membeli coklat pasta pagi ini, "mau beli 2", katanya. Tapi ananda harus belajar sabar, kami pergi ke splendid terlebih dulu. Gantian bunda yang penasaran dengan tanaman, mewujudkan kebutuhan belajar (alhamdulillah, akhirnya keinginan sekian waktu terwujud juga). Seperti janji kami sebelumnya, akhirnya ananda pun dapat membeli jajan keinginannya kemudian.

Alhamdulillah, kembali lagi soal rejeki yang tak tertukar. Akhirnya launching buku antologi kami tentang proses menemukan keunikan anak-anak, Coretan Penaku sebuah Warisan Untukmu #CPWU. Lewat project ini, kami belajar tentang konsep bersungguh-sungguh di dalam kemudian keluar dengan kesungguhan tersebut. Salah satu ihtiar kami mengejar kemuliaan, ketika rejeki sudah dijamin dan tak perlu dikhawatirkan.

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian