Langsung ke konten utama

TANTANGAN 8.5

TANTANGAN 8.5
Mlg, 18 September 2017
Diawinasis M. Sesanti & Farzana A.W. (3y2m)

Saat membuat coretan catatan kegiatan ananda sehari-hari, ananda ikut bergabung dan tentu saja ikut "membaca" aktivitasnya. Biasanya bunda membuat coretan ilustrasi agar ananda ikut menikmati saat membuka-buka catatan aktivitasnya ini. "Kalau sudah libur, insyaAllah nanti Farza ke Nggalek ya..", katanya saat melihat foto Kakung.

Saatnya menjelaskan, bahwa bepergian itu naik mobil kita beli tiket. Bayarnya pakai uang, sehingga kita perlu berdoa minta rejeki pada Allah, agar Allah memberi rejeki diantaranya lewat bekerja dan menabung. "Kalau beli kaos tayo pakai uang? Kaos Tayonya belum datang ke Malang, masih di jalan naik bis", kembali ananda mengingat keinginannya kemarin. 😂 Alhamdulillah ananda masih tergolong wajar saat menginginkan sesuatu, tinggal bagaimana cara memberi pengertian ada yang bisa langsung dipenuhi, ada pula yang harus sabar menunggu.
***
Bahwa : rejeki itu kadang hanya "lewat" di rumah kita. Kadang yang benar-benar jatah kita justru tak terlihat mata, bahkan kadang tak perlu memakai alat tukar yang bernama uang.

Memang rejeki itu pasti, mengejar kemuliaan di hadapan Allah lah yang penting. Bentuk kemuliaan ini luas sekali, salah satunya yang kami pelajari dalam hadits Arbain ke #36 kemarin, yaitu menolong, meringankan, memudahkan kesulitan orang lain, menutup aib, menuntut ilmu, dan membaca serta mempelajari Al Qur'an. Salah satu cara mengamalkannya bisa jadi dengan memanfaatkan pos "hak Allah" yang disisihkan dalam budget keuangan kita. Wallahu A'lam.

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian