Langsung ke konten utama

TANTANGAN 8.12

TANTANGAN 8.12
Mlg, 25 September 2017
Diawinasis M. Sesanti & Farzana A.W. (3y2m)

Pagi ini ananda bangun lebih pagi dari biasanya. Saat bunda ganti kostum keluar rumah, si kecil pun tak ketinggalan. "Mau ganti yang baju panjang.", kemudian tak ketinggalan dipilihnya kerudung ungu dan dipakainya sendiri.

Mau kemana kita? Membeli sayur ke bawah. 😂
Pak sayur sudah stand by sejak subuh tadi, tapi bunda biasanya menunggu agak terang agar lebih mudah memilih sayur. Seperti biasa si kecil pasti kepo ikut memilih sayur, "Ini apa bun? Kok tomatnya gini? Belum mateng?", sambil memungut satu tomat hijau. Bunda yang sibuk memilih sayur pun tertawa, itu tomat yang memang dijual hijau. Dan kali ini spesial bagi ananda memilih sayur yang disukainya, terpilihlah brokoli, wortel, dan sawi. Kemudian ananda bunda minta memilih lauk, "Mau ikan lele atau udang?" "hemm.. Ikan lele.", katanya. Tapi di sebelah lele ada mujaer, dan galau lah si anak "kelas tiga". Karena belum hafal nama si ikan (baru suka makannya), dia pun bertanya lagi nama si ikan. "Ikan muja-hir", katanya. Setelah itu semua dihitung, ditambah sule&donat yang juga menjadi jajanan request anak cantik.

Bunda pun membayar total belanjaan ke pak sayur. Nyoba tips bu Ketua nawar dagangan, "Nggak usah ratusan lah.. Dipasin aja". Alhamdulillah Cak Bud ngasih diskon 😁. Dan pagi ini pun si kecil makan lahap, tak ada nasi bersisa di piringnya karena menunya dipilihnya sendiri. Masih berlanjut dengan belajar mewarnai dan cerita tentang ikan.

Termasuk cerdas finansial bagi saya adalah membelanjakan keuangan sesuai kebutuhan. Bukan pelit, bukan juga mubadzir.

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian