Langsung ke konten utama

Day 12 : All About Child

Mlg, 23 Februari 2018
Diawinasis M Sesanti

Bismillahirrahmanirrahiim. 

Ngobrol tentang anak memang menjadi satu hal yang begitu menarik bersama pasangan. Berhubung sang kepala sekolah tidak selalu jaga kandang, selalu ada kisah yang hadir saat beliau tak di rumah. Kali ini tentang bagaimana kemarin, kakak meminta bunda bacakan semua surat-surat pendek yang pernah diketahuinya. Dan itu dilakukannya sambil main. Iya, ananda mendengarkan, bahkan tahu saatnya surat berakhir kemudian minta dibacakan artinya, berulang-ulang ditunjuknya nama surat yang ingin dibaca dari surat An-Naas hingga Asy-Syams (kecuali surat Al-Lail dan Al-Bayyinah). Hampir satu setengah jam ananda belum mau berhenti.


Setelah semua surat pendek yang dikenalnya habis, ganti diambilnya buku hewan-hewan dalam Al-Qur'an. Kali ini minta dibacakan ayat tentang semut, lalat, serigala, keledai, dan katak (satu ayat dengan kutu & belalang). Bunda yang belum hafal, mengajak ananda untuk mencari dan membaca bersama.

Ayah mendengarkan sambil tersenyum menanggapi cerita bunda pagi ini. Ternyata saat anak memiliki rasa ingin tahu, kita orangtua bisa jadi "kewalahan". Butuh stok sabar untuk bisa membersamai tanpa mencederai fitrah belajar maupun fitrah keimanannya.

PR besar bagi kami orangtua untuk bisa menjadi teladan. 

Apakah kami suka belajar?

Bagaimana hubungan kami dengan Rabb yang mengamanahi anak di keluarga kami? 

Dan lebih panjang lagi pertanyaan yang perlu kami konfirmasi setiap harinya agar tak keluar jalur dalam menyemai fitrah ananda.

#GriyaWistara
#23Februari2018
#Malang
#3y7m
#KelasPortofolioAnakbyGPA
#GriyaPortofolioAnak
#MengikatMaknaSepenuhCinta
#PekaAkanUnikAnak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian