Langsung ke konten utama

TANTANGAN 12.1 Happy Pregnancy

TANTANGAN 12.1
Diawinasis M Sesanti
Mlg, 03 Februari 2018

Bismillahirrahmanirrahiim. 

Semakin tinggi level belajar di kelas Bunda Sayang, semakin banyak hal menarik yang kami temukan. Setelah "belajar langsung" dengan Ibu Septi Peni Wulandani di Webinar, kami pun semakin sadar bahwa kami para ibu hidup di zaman yang tak berbatas. Dan anak-anak kita akan hidup di zaman yang terus berkembang ini, maka tak ada pilihan: orangtua lah yang harus di-upgrade, agar tak ketinggalan dengan game dan aplikasi yang terus update tiap pekannya.


Sesuai dengan tema level 12: keluarga multimedia, maka di level ini kami para ibu yang biasanya identik dengan gagap teknologi ditantang untuk mulai melek teknologi dalam rangka menjalankan peran kami sebagai ibu. Seperti tertera dalam piramida Ibu Profesional, indikator ini lah yang kami gunakan sebagai "kacamata kuda" di tengah badai "FOMO" saat ini: 
How to educate the children 
How to manage family
How to be confidence 
How to continous improvement
Noble attitude


Kami pun  saling berbagi informasi di Kelas Bunda Sayang #1 MRJatseLa, mana aplikasi yang dibutuhkan oleh masing-masing ibu. Dan kali ini saya mencoba salah satunya yang saya butuhkan, yaitu aplikasi seputar ibu hamil.

"Buku Panduan Ibu Hamil"

Meskipun setiap kehamilan itu bisa jadi berbeda pada setiap ibu, namun tak ada salahnya belajar dan bersiap lagi menyambut kehadiran ananda.


Masukkan tanggal HPHT, lalu akan muncul usia kehamilan saat ini. Disertai deskripsi kondisi ibu, kondisi janin, serta informasi umum di usia kehamilan tersebut. Serasa semakin "bahagia" dengan mengenal kondisi diri. Meskipun sekali lagi, kondisi setiap ibu itu unik. Satu lagi, info ini bisa kita bagikan ke pasangan atau Kakek-Nenek si calon bayi.

Bunda juga bisa menemukan tips kehamilan seputar nutrisi, makanan, hal yang dilarang, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, dsb. Ada juga perkembangan janin dari minggu ke minggu, Maha Besar Allah yang telah menciptakan makhluk di rahim ini.

Berikutnya ada juga olahraga yang sesuai untuk ibu hamil sesuai dengan usia kehamilan. Disertai info manfaat olahraga, ada juga beberapa olahraga yang bisa dilajukan: Yoga, pilates, hipnobirthing, dan senam nifas. Nah, karena baru menginstal aplikasi ini, jadi saya lebih banyak membaca dulu sebelum praktek.

Apakah BB saat ini normal? Pada aplikasi ini ada juga kalkulator berat badan. Kita tinggal mengisi BB sebelum hamil, Tinggi badan, BB saat ini dan usia kehamilan. Akan ada deskripsi apakah kondisi BB kita normal/kekurangan/kelebihan. Di sini kita juga bisa melihat tabel keseluruhan range BB normal sesuai usia kehamilan.

Bingung memilih nama untuk calon bayi? Ada juga daftar nama bayi laki-laki dan perempuan untuk referensi bunda. Wah, ini nanti akan jadi hadiah sepanjang hidup ananda.

Terakhir, terdapat beberapa musik klasik dan murottal Qur'an (surat Al-Mukminun, Ar-Rahman, Maryam, Yusuf). Surat yang paling populer dibaca oleh ibu hamil. Untuk yang ini, saya lebih nyaman membaca langsung dari mushaf bersama si calon kakak tentunya.

Bunda yang sedang menanti buah hati juga ingin mencoba?



#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian