Langsung ke konten utama

TANTANGAN 12.4 Kelas di Gadget

TANTANGAN 12.4
Diawinasis M Sesanti
Mlg, 06 Februari 2018

Bismillahirrahmanirrahiim.
Ternyata ada banyak sekali fasilitas yang disediakan oleh teknologi untuk membantu kita terus produktif. Fomo bisa mengintai jika kita tak bijak mengatur batu-kerikil-pasir yang memang kita butuhkan.


Bagi seorang ibu yang butuh belajar meng-upgrade diri dimanapun berada, keberadaan kelas online sangat membantu. Setelah WAG cukup menguras perhatian, ada salah satu kelas yang memakai aplikasi Google Classroom. Dari yang benar-benar zero, akhirnya bisa kenal dan belajar memakai media ini.

"Google Classroom"

Kelas seperti dalam genggaman. Kita tinggal download dan otomatis bergabung memakai email google yang dimiliki. Kita bisa membuat kelas atau bergabung ke kelas yang sudah dibuat lewat link yang dikirim via email atau kode konfirmasi. Setiap kelas yang diikuti akan menjadi list di halaman awal.

*Stream*
Kiriman Fasilitator/Guru akan muncul di halaman ini. Baik berupa materi, tugas, survey, dsb. Ini salah satu kelebihan, materi dan tugas belajar tidak "tenggelam" seperti saat belajar di WAG. Tentu ini memudahkan pencarian kita saat ingin belajar lebih lanjut.


*Classmate*
Daftar teman sekelas kita bisa dilihat di sini. Apakah sudah saling kenal???


*Your Work*
Jika ada tugas yang belum kita kerjakan, akan muncul notifikasi di sini. Ada juga list jadwal, nama fasilitator kelas, materi, dsb.
Ngomong-ngomong soal tugas, akan ada notifikasi di halaman awal jika ada tugas baru menanti. Bisa juga kita pilih menu "to-do" untuk memeriksa apakah list tugas kita sudah selesai atau belum. Dalam mengerjakan tugas, kita bisa memakai beragam *attachment* sesuai kebutuhan untuk diserahkan pada fasilitator. Pdf, word, g.doc, file gambar, link, dst.
Selama 3 bulan kenalan dengan g.classroom, barulah saya paham penggunaannya lewat pengalaman belajar. Alhamdulillah cukup efektif untuk belajar.


#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian