Langsung ke konten utama

TANTANGAN 12.6 Belajar Montessori

TANTANGAN 12.6
Diawinasis M Sesanti
Mlg, 08 Februari 2018

Bismillahirrahmanirrahiim.
Semakin pesatnya teknologi, semakin mudah bagi kita menemukan berbagai sumber belajar untuk diri sendiri, keluarga, dan tentu untuk mendidik anak-anak. Saking banyaknya, kita perlu "saringan" agar yang tak sesuai value bisa dieliminasi.

Nah, salah satu metode belajar untuk anak yang cukup ngehits adalah "Metode Montessori". Tak perlu khawatir, ada sumber yang bisa dengan mudah diakses. Tersedia versi bahasa Indonesia yang tentu sangat memudahkan bagi saya yang bahasa inggris belepotan. Membantu sekali bagi keluarga yang memakai bahasa Indonesia sebagai "bahasa ibu" di rumah.

"IMC"

Lumayan untuk menjawab apa itu Montessori, stimulasi per tahapan usia, ide kreasi baik mainan maupun aparatus belajar, info event seputar Montessori, Di Kalau ditulis di sini rasa-rasanya tak ada habisnya, jadi silahkan tengok sendiri.

Link:
Indonesiamontessori.com

Stimulasi usia 0-3 tahun:
http://indonesiamontessori.com/stimulasi-untuk-batita-usia-0-3-tahun/

Stimulasi usia 0-1 tahun:
http://indonesiamontessori.com/stimulasi-untuk-batita-usia-0-3-tahun/

Stimulasi usia 3-6 tahun:
http://indonesiamontessori.com/stimulasi-tepat-untuk-anak-usia-3-6-tahun/

Beberapa printable cards dan worksheet sempat saya coba untuk "main" Farza di rumah kemarin. Saat mainnya sih sudah pasti senang, tapi yang paling seru proses bikin-bikin gunting tempel yang bisa dilakukan bersama.

Sekali lagi, ada banyak media dan sumber belajar di luar sana. Kita lah yang memilih mana yang sesuai dan tidak dengan kebutuhan dan value keluarga.

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengecap Memakai Kunyit

Sudah mampir ke postingan sebelumnya tentang membuat DIY finger paint ? Nah, cat ini tidak hanya untuk melukis dengan jari tetapi juga bisa dipakai untuk mengecap. Karena temanya masih tanaman obat, jadi mengecapnya pakai kunyit. Sediakan satu ruas kunyit, kemudian potong ujungnya agar rata. Bisa dibiarkan (tetap berbentuk lingkaran) langsung dipakai untuk mengecap atau bisa juga dibentuk dahulu (bunga, bintang, clover, dst) sebelun digunakan. Gunakan kertas kosong kemudian biarkan anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Atau bisa juga pakai worksheet berikut. Worksheet mengecap huruf A Worksheet mengecap dan menghitung

JURNAL BELAJAR LEVEL 8 : CERDAS FINANSIAL

Dibutuhkan alasan yang kuat, mengapa kita perlu menerapkan cerdas finansial. Butuh pemahaman yang benar terlebih dahulu agar tak gagap dalam mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai orangtua lebih mudah membersamai ananda di rumah menjadi pribadi yang seimbang, cerdas tak hanya IQ, SQ, EQ, tetapi juga cerdas secara finansial. Bukankah anak-anak adalah peniru ulung orangtuanya? Bicara tentang finansial, erat kaitannya dengan konsep rezeki. Motivasi terbesar kita belajar tentang rezeki kembali pada fitrah keimanan kita. Allah sebagai Rabb telah menjamin rezeki (Roziqon) bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi. Saat kita mulai ragu dengan jaminan Allah atas rejeki, maka keimanan kita pun perlu dipertanyakan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, rezeki bermakna : re·ze·ki  n  1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2  ki  penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk

Tutorial DIY Puzzle

Masih dalam rangka menjawab tantangan belajar tentang tanaman obat. Setelah dongeng, anak-anak pasti tidak akan menolak diajak main. Kira-kira main apa ya yang masih berkaitan dengan tanaman obat? Masih dengan aksi nekat membuat coretan (karena ke percetakan kudu bayar, Mak!), saya pun membuat puzzle sendiri dengan alat bahan sederhana yang ada di rumah. *Alat & bahan: - 2 lembar kertas polos ukuran A3.  Ukuran bisa disesuaikan kebutuhan(lebih besar/kecil). - Kardus - Alat gambar (spidol, cat air, atau lainnya) - Pensil dan penghapus - Lem atau doubletape - Gunting - Penggaris *Cara membuat: - Buat gambar utuh di salah satu kertas, misalnya gambar pohon. Bagaimana jika tidak bisa menggambar? Browsing gambar dengan resolusi baik, kemudian cetak. - Beri garis warna-warni atau tanda di tepian kertas. Optional, bisa dilewati. Hal ini untuk memudahkan anak menyusun puzzle. - Lipat gambar sesuai jumlah puzzle yang diinginkan. Misalnya 12 puzzle, lipat menjadi 3*4 bagian